Muhlishiin, Imam (2011) Pengaruh Diferensiasi Produk terhadap minat beli Konsumen: Studi pada Produk panci serbaguna UD. Cipta Karya Abadi cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06610042.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Suatu perusahaan harus mencari solusi agar produknya diminati oleh konsumen dan membuat konsumen puas terhadap produk tersebut. Selain kepuasan konsumen yang perlu diperhatikan adalah kemungkinan konsumen berubah menilai produk yang dihasilkan oleh perusahaan, karena bukan tidak mungkin suatu saat konsumen tidak lagi memakai produk suatu perusahaan dan beralih pada produk dari perusahaan lain atau pesaing. Hal ini harus segera diantisipasi oleh perusahaan yakni dengan mengembangkan diferensiasi produk agar dapat mempertahankan loyalitas konsumen. Diferensiasi produk dalam penelitian ini diantaranya meliputi kualitas dan harga. Oleh karena itu dirasa perlu untuk mengetahui adanya pengaruh secara simultan diferensiasi produk pada produk panci serbaguna UD. Cipta Karya Abadi terhadap minat beli konsumen dan juga mengetahui variabel yang dominan terhadap minat beli konsumen.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah riset konklusif kausal. Dalam penelitian ini jumlah populasi tidak diketahui, untuk itu peneliti mengambil sampel sebanyak 96 responden. Sedangkan Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode non probability sampling secara Accidental Sampling (Convenience sampling). Pengujian ini dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan mempertimbangkan uji instrumen yang meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, kemudian juga dengan mempertimbangkan uji asumsi klasik yang meliputi uji heteroskedastisitas dan multikolinieritas, serta dengan melakukan pengujian hipotesis yang meliputi uji F, koefisien determinasi, dan uji T.
Dari hasil analisis secara simultan dengan level of significant (α) 5%, yaitu, nilai sig < α (0,000 < 0,05). Sehingga diferensiasi produk yang terdiri dari variabel kualitas dan harga mempengaruhi secara signifikan terhadap minat beli konsumen pada produk panci serbaguna UD. Cipta Karya Abadi. Variabel kualitas dan harga dalam penelitian ini mampu menjelaskan perubahan minat beli konsumen sebesar 39,9% dan sisanya sebesar 61,1% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model. Adapun variabel dalam penelitian ini yang paling dominan mempengaruhi minat beli konsumen pada produk panci serbaguna UD. Cipta Karya Abadi adalah variabel kualitas, hal ini ditunjukkan oleh nilai t hitung terbesar pada variabel kualitas sebesar 5,472.
ABSTRACT
A company must seek solutions for their products demanded by consumers and make the customer satisfied with the product. In addition to customer satisfaction that need to be considered is the possibility of changing consumers assess products produced by the company, because it is not impossible that one day consumers no longer use a company's products and switch to another company's products or competitors. It must be anticipated by the company that is by developing differentiated products to maintain consumer loyality. Product difference in this study among others include the quality and price. Therefore it is necessary to determine the effect of product differentiation simultaneously on pans versatile product UD. Cipta Karya Abadi toward consumer purchase interest and also find out that the dominant variables on consumer purchase interest.
This type of research used in this study is the research conclusive causal. In this study, population is notknown, so researcher took a sample of 96 (ninety six) respondents. While the sampling method used in this study is non-probability sampling method, in example Accidental sampling (convenience sampling). The test is performed using multiple linear regression analysis by considering the test instrument covering the validity and reliability test, and also by considering the classical assumption test that includes testing heteroscedasticity and multicollinearity, and by testing the hypothesis that includes the F test, coefficient of determination, and the T test, as well.
From the analysis done simultaneously with the level of significant (α) 5%, is sig <α (0.000 < 0.05). Thus, the product differentiation which consists of variable quality and prices significantly influence consumer purchase interest in the product versatile pan UD. Cipta Karya Abadi. Variable quality and price in this study could explain the change in consumer of buying interest at 39.9% and the balance of 61.1% is influenced by other factors outside the model. The variables in this study is the most dominant influence of consumer purchases interest in the product versatile pan UD. Cipta Karya Abadi is a variable quality. This is indicated by the largest t value in variable quality that 5.472.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hasan, Irmayanti | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Diferensiasi Produk; Kualitas; Harga dan Minat Beli; Product Difference; Quality; Purchase Price and Interest | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 10:38 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 10:38 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45057 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |