Nihayah, Farichatin (2010) Peran Bimbingan Konseling dalam membentuk kepribadian Muslim siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Babat Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05110082.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (861kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Bimbingan dan konseling adalah suatu profesi yang sangat diperlukan dalam sebuah lembaga pendidikan, karena dengan adanya bimbingan dan konseling maka akan sangat membantu siswa atau guru-guru lain dalam mengatasi suatu masalah, dan dapat memberikan arahan kepada mereka, khususnya siswa. Bimbingan dan konseling juga membantu siswa untuk mengembangkan potensi yang ada pada dalam diri mereka secara optimal, sehingga siswa mempunyai kepribadian yang terpuji yang sesuai dengan ajaran agamanya.
Penelitaian ini dilakukan di sekolah merupakan lembaga pendidikan terdepan melalui Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) yaitu SMP Negeri 1 Babat, Lamongan dengan model siswa yang hiterogen dan berasal dari latar belakang yang beragam, sebab di dalam sekolah ini siswa- siswinya ada yang beragama Islam maupun non Islam. Dan dalam menjalani proses pendidikan pasti terdapat celah dan kekurangan, sehingga ada bimbingan dan konseling yang khusus membantu dan melayani siswa supaya kegiatan pembelajaran di sekolah agar hasilnya dapat tercapai dengan optimal.
Adanya realita dan permasalahan di atas, maka peneliti merumuskan masalah dan tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk memaparkan tentang bagaimana pelaksanaan bimbingan dan konseling serta peran bimbingan dan konseling dalam membentuk kepribadian muslim siswa di SMP Negeri 1 Babat, Lamongan.
Dengan menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang objektif, faktual, akurat dan sistematis, mengenai masalah-masalah yang ada di obyek penilitian. Untuk mengumpulkan data digunakan beberapa metode yaitu, observasi, interview, dokumentasi dan angket. Kemudian data yang telah terkumpul tersebut dianalisis melalui tiga cara, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan bimbingan dan konseling dalam membentuk kepribadian muslim siswa berjalan sesuai dengan matrik program tahunan bimbingan dan konseling, program semester, program pengayaan siswa berpotensi, dan program pelayanan individu ataupun kelompok siswa. Dengan begitu, peran bimbingan dan konseling di sekolah dalam membentuk kepribadian muslim siswa dilakukan dengan memberikan pelayanan konseling kepada siswa secara terarah, kontinyu, dan sistematis pada siswa bermaksud untuk mengembangkan fitrah beragama, sehingga menimbulkan prilaku yang terpuji dalam diri siswa sehingga siswa jadi termotivasi untuk menjalankan ajaran agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Bimbingan dan Konseling; Kepribadian Muslim | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling |
||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 10:50 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 10:50 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45041 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |