Seli, Muhammad (2009) Metode pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Full Day School di Sekolah Alam Bilingual Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Lowokwaru Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
02110238.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (5MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan agama Islam adalah bimbingan secara sadar yang terencana oleh pendidik terhadap perkembangan jasmani dan rohani peserta didik umtuk tercapainya kepribadian yang utama. Agar pendidikan agama Islam dimadrasah tidak sekedar sebagai materi pelajaran yang diajarkan dikelas tanpa adanya optimalisasi siswa dalam memahami, menghayati dan mengamalkan ajaran Islam secara utuh, Maka Full day school diterapkan di MTs Suraya Buana sebagai solusi agar pendidikan agama Islam lebih menjangkau masing-masing bagian dari perkembangan siswa yang mencangkup kreativitas dan integrasi dari kondisi tiga ranah: koqnitif, afektif dan psikomotorik.
Dalam pelaksanaannya Full day school harus ditunjang dengan sarana dan prasarana pendidikan, sumberdaya manusia dan yang paling utama dalam proses pembelajaran adalah metode pembelajaran yang diterapakan. Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan guru untuk mencapai tujuan. Maka pembelajaran pendidikan agama Islam dalam full day school akan mencapai hasil jika penerapan dan pemilihan metode pembelajaran tepat guna dan efektif mengingat metode pembelajaran ikut menentukan dalam mencapai tujuan dari pendidikan agama Islam. Oleh karena itu Dalam skripsi ini penulis mengkaji dan meneliti tentang: "Metode pembelajaran Pendidikan agama Islam dalam full day school Di MTs Surya Buana Lowokwaru Malang".
Dalam skripsi ini, pokok permasalahan adalah tentang bagaimanakah penerapan metode pembelajaran pendidikan agama Islam di MTs surya Buana Lowokwaru Malang dan Faktor–faktor apakah yang mendukung dan menghambat terhadap penerapan metode Pembelajaran Pendidikan agama Islam dalam full day school di MTs Surya Buana Lowokwaru Malang. Dengan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan jenis metode dan strategi penerapan metode pembelajaran pendidikan agama Islam dan menemukan serta mengidentifikasi faktor-faktor pendudukung dan penghambat terhadap penerapan metode pembelajaran pendidikan agama Islam dalam full day school di MTs Surya Buana Lowokwaru Malang.
Dalam skripsi ini, Tehnik pengambilan data adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian dibahas dalam bentuk analisis deskriptif kulalitatif. Penggunaan metode tersebut diharapkan dapat mengungkapkan permasalahan yang terjadi sekaligus menjadi tolak ukur dalam penulisan skripsi.
Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa, metode pembelajaran pendidikan agama Islam dalam full day school di MTs Suraya Buana Lowokwaru Malang adalah variasi metode dengan pendekatan terpadu. Penerapan variasi metode pembelajaran pendidikan Islam dalam full day school cukup efektif dan tepat guna karena tidak monoton. Sehingga variasi metode pada
pembelajaran pendidikan agama Islam dalam full day school di MTs Surya Buana Madang benar-benar dapat menjangkau tujuan dari pendidikan agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Nur, Muhamad Amin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Full Day School | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 10:49 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 10:49 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45030 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |