Taufik, Imam (2009) Strategi pembelajaran Al-Qur’an dalam meningkatkan efektivitas bacaan Al-Qur’an santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Pondok Pesantren Darul Muttaqin Bangkalan-Madura. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
02110204.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (471kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pembelajaran adalah upaya untuk membelajarkan siswa. Agar pembelajaran lebih efektif dan efisien serta mengarah kepada tujuan yang ingin dicapai, perlu adanya strategi pembelajaran yang disusun oleh guru. Secara sederhana strategi pembelajaran dapat diartikan sebagai taktik atau garis-garis besar haluan yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar agar dapat mempengaruhi peserta didik (santri) sehingga tercapai sasaran dan tujuan pembelajaran. Strategi tersebut harus terdiri dari langkah-langkah yang tersusun secara terencana dan sistematis dengan menggunakan metode dan teknik tertentu. Penggunaan strategi dalam pembelajaran dimaksudkan agar pelajaran itu dapat ditangkap, dipahami dan digunakan oleh siswa dengan baik, karena dengan cara seperti itulah akan dicapai hasil yang maksimal dalam pembelajaran. Berangakat dari latar belakang seperti itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dengan mengambil judul “Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Efektivitas Bacaan Al-Qur’an Santri di Taman Pendidikan AlQur’an (TPA) Pondok Pesantren Darul Muttaqin Bangkalan Madura ”.
Persoalaannya adalah apakah lembaga pendidikan telah menarapkan strategi dalam pembelajaran? Dan yang menjadi fokus dalam penelitian adalah:
(1) Bagaimana strategi pembelajaran Al-Qur’an di TPA Darul Muttaqin?; (2) Bagaimana efektivitas bacaan Al-Qur’an santri TPA Darul Muttaqin Bangkalan Madura?
Maka dari itu jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif. Dalam perjalanan mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode dokumentasi, observasi dan interview. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasi data-data yang telah didapat, sehingga akan menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan yang terjadi di lapangan. Dan analisis deskriptif kuantitatif untuk data-data yang bersifat kuantitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah tehnik analisis data prosentase dengan rumus sebagai berikut:
P F X 100%
N
Keterangan:
P= Proporsi/prosentase
F= Frekuensi yang sedang dicari
N= Jumlah responden
Hasil penelitian ini diharapkan dapat dijadikan tambahan pengetahuan dan masukan bagi pengelola lembaga pendidikan yang beorientasi terhadap pembelajaran Al-Qur’an.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Efektivitas Bacaan Al-Qur’an; Taman Pendidikan Al-Qur’an | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 11:02 | ||||||
Last Modified: | 28 Mar 2023 11:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45021 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |