Risdianto, Yanuar (2008) Aplikasi kiat Sukses Sistem Waralaba bakso kota Cak Man di Kota Malang: Tinjauan sebagai Pewaralaba. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04610057.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Aplikasi kiat sukses sistem waralaba merupakan kunci keberhasilan sistem waralaba dalam mewujudkan perluasan dan pengembangan usaha waralaba Bakso Kota Cak Man Malang. Maka jelas bahwa dalam sistem waralaba diperlukan kiat sukses untuk lebih menyukseskan sistemnya, mengetahui dan meminimalisir kendala atau hambatan yang ada.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi kiat sukses sistem waralaba Bakso Kota Cak Man di kota Malang (Tinjauan Sebagai Pewaralaba). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus pada obyek penelitian yang menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan teknik analisis data diskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan kiat sukses sistem waralaba Bakso Kota Cak Man Malang yaitu: ulet, mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi, harus berani bermimpi, menganggap pekerjaan sebagai sebuah hiburan, mengenal senang bukan mengenal lelah, rajin menabung, Punya feeling bisnis yang tinggi, harus berinovasi, dan punya keberanian untuk melangkah. Kiat sukses sistem waralaba Bakso Kota Cak Man yaitu: Sistem yang tidak berbelit-belit, hubungan kekeluargaan, keterlibatan langsung dari pewaralaba dalam urusan operasional perusahaan. Walaupun Bakso Kota Cak Man Malang sukses, tetapi juga ada kendala yang menghambat yaitu tenaga pensurvey pada calon terwaralaba masih mengandalkan dari Cak Man sendiri,2)tenaga kerja koki yang terbatas, 3)terbatasnya tenaga penilai dan kontrol dari pewaralaba kepada terwaralaba, 4)Dana pengembangan outlet tergantung dari investor/calon terwaralaba, 5)Beredarnya teror dan isu negatif tentang penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya dalam pembuatan bakso, 6)Kenaikan harga BBM, 7) Bertambahnya pesaing bakso. Dari kiat tersebut perlu ditambah supaya hambatan bisa diminimalisir dengan mengatasi keraguan dalam melangkah, membangkitkan energi untuk sukses, menciptakan kompetisi dan kebanggaan akan kesuksesan yang telah didapat, rendah hati, selalu ingin berprestasi, dan melayani atau menolong
ABSTRACT
Success trick application of franchising is the key of franchising success in creating the expansion and the development of Bakso Kota Cak Man franchising in Malang. Then, it is clear that in franchising needs a success trick to make the system more successfull, to know and to minimalize the threats and obstacles.
This research aims to know the factors of success trick on Bakso Kota Cak Man franchising in Malang (a survey on franchisor). The method which is used in this research is decriptive qualitative by using observation, interview and documentation. While the data analysis technique, the researcher uses descriptive analysis technique.
The result of this research shows that the success trick of Bakso Kota Cak Man franchising has high curiosity, has braveness to dream, considers the job as an entertainment, knows happiness and not know exhausted, has frequently saving, high bussiness feeling, full of inovation and braveness to step foward. The success trick in Bakso Kota Cak Man franchising is the simple system of franchising, precedencing familial relationship and direct involvement of franchisor in the operational affairs of the company. Though Bakso Kota Cak Man is successfull, but there is always obstacles: 1)The surveyor staff in franchisee to be, still relies on Cak Man himsefl, 2)The chef staff is limited, 3)The staff of supervisor from franchisor to franchisee is also limited, 4)the outlet development fund depends on the investor or franchisee, 5)the widespreadness of terror and negative issue about the usage of dangerous chemical addition in the process of production, 6)The increase of fuel price, and 7)The increase of the competitor. From those tricks, it is needed to be added in order that the obstacles can be minimalized by overcoming uncertainty in stepping foward, provoking the energy to be succeed, creating competition and pride of the gained success, being modest, always having high achievement and serving or helping other people.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Al Idrus, Salim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Aplikasi Kiat Sukses; Sistem Waralaba; Success Trick Application; Franchising | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 10:37 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 10:37 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45020 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |