Kamil, Rizki (2009) Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dalam rangka peningkatan Mutu Pendidikan di SMP Islam Jabung Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
02110189.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (600kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Peningkatan kualitas sumber daya manusia merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai tujuan pembangunan. Upaya peningkatan mutu pendidikan terus- menerus dilakukan. Hal tersebut lebih terfokus lagi setelah diamanatkan dalam tujuan pendidikan nasional yaitu untuk meningkatkan mutu pendidikan pada setiap jenis dan jenjang pendidikan. Menyadari hal tersebut, pemerintah telah melakukan upaya penyempurnaan sistem pendidikan, baik melalui penataan perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware). Berkenaan dengan itu, SMP Islam Jabung Kabupaten Malang merupakan salah satu Sekolah Menengah Pertama yang sangat memperhatikan mutu pendidikan dengan menggunakan pendekatan manajemen berbasis sekolah. SMP Islam Jabung Malang juga berkeinginan dapat mendukung proses reformasi yang ada di lingkungan pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Adapun fokus penelitian ini adalah membahas hal-hal yang berkaitan dengan implementasi Manajemen Berbasis Sekolah, faktor-faktor penunjang dan penghambat implementasi Manajemen Berbasis Sekolah dan upaya Kepala Sekolah dalam menanggulangi hambatan implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Islam Jabung Malang dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk memahami fenomena yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik, dan dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah.
Adapun hasil penelitian ini adalah, pertama, Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah di SMP Islam Jabung Malang berjalan cukup baik. Dalam, iplementasinya pihak sekolah mengacu pada ketentuan dasar dari beberapa metode MBS yang ada. Kedua, adapun faktor pendukungnya adalah sarana dan prasarana yang cukup memadai dan tenaga pengajarnya yang profesional. Sementara faktor penghambatnya adalah semangat belajar dari siswa yang relatif kurang, hambatan finansial, dan lemahnya kemampuan ekonomi dari keluarga siswa. Dan ketiga, dalam rangka menanggulangi hambatan tersebut, maka kepala sekolah telah melakukan usaha-usaha yang cukup relevan dan signifikan, perbaikan sistem dan kerjasama dengan beberapa pihak yang terkait, seperti dengan orang tua siswa, Komite sekolah, masyarakat sekitar dan dengan berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Maimunah, Siti Annijat | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Implementasi; Manajemen Berbasis Sekolah; Mutu; Pendidikan | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Moch. Nanda Indra Lexmana | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 11:02 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 11:02 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45017 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |