Responsive Banner

Pengaruh hasil pembelajaran TPQ terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatus Shibyan Plampang Paiton Probolinggo

Halid, Abd (2007) Pengaruh hasil pembelajaran TPQ terhadap prestasi belajar Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatus Shibyan Plampang Paiton Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
00110109.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pendidikan merupakan proses memanusiakan manusia (peserta didik) secara sadar, manusiawi dan terus menerus agar dapat hidup dan berkembang sebagai manusia yang sadar akan kemampuannya, fungsi hidupnya dan mampu melaksanakan tugas hidupnya dengan penuh tanggung jawab.

Perkembangan dunia pendidikan dewasa ini semakin membutuhkan manajemen atau pengelolaan yang baik. Demikian juga dalam hal pembelajaran baca tulis Al-Qur’an sangant diperlukan adanya penanganan yang serius baik dari segi ketepatan metode/sistem, pendekatan atau perencanaan manajemen yang matang. Karena Taman Pendidikan Al-Qur’an ini berupaya memberikan bekal dasar bagi anak usia dini untuk menyiapkan generasi Qur’ani yang berkualitas, berakhlaq mulia sehingga nantinya dapat dijadikan landasan untuk mendalami ajaran Islam.

Kehadiran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) menjadi hal hal yang sangat signifikan dalam membentuk kader bangsa yang berkarakter Qur’ani. Meskipun demikian belum banyak penelitian yang kajiannya apakah kehadiran TPA telah membawa peningkatan prestasi terhadap prestasi pembelajaran Al- Qur’an Hadits di sekolah, semisal di desa Plampang Paiton antara TPA Baiturrahman dengan MI Raudlatus Shibyan.

Berangkat dari berbagai permasalahan di atas, penulis berusaha mengadakan penelitian dengan judul Pengaruh Hasil Pembelajaran Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Terhadap Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatus Shibyan Plampang Paiton Problinggo. Upaya pengkajian ini bertujuan :.1. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MI. Raudlatus Shibyan Plampang Paiton Probolinggo?.2. Bagaimana prestasi pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MI. Raudlatus Shibyan Plampang Paiton Probolinggo?.3. Apakah terdapat pengaruh antara hasil pembelajaran Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) terhadap prestasi Al-Qur’an Hadits di MI. Raudlatus Shibyan Plampang Paiton Probolinggo?.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode : 1) Interview, 2) Observasi, 3) Dokumenter dan 4) Angket. Untuk menganalisa data yang terkumpul penulis melakukan analisa Korelasi Product Moment.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Raudlatus Shibyan berdasarkan kurikulum tingkat satuan pendidikan / KTSP. Dengan tujuan untuk menanamkan jiwa siswa yang beriman, berilmu dan berakhlaq mulia, sedangkan metodenya yaitu : metode hafalan, metode memahami surat Al-Qur’an. Hasil pembelajaran Raudlatus Shibyan adalah siswa-siswi tidak lebih dalm melihat tata tertib sebagai hukum dan undang- undang dalam sekolah yang harus ditaati dan di patuhi semuanya berjalan seperti biasa tanpa munculnya prestasi pembelajaran dari Al-Qur’an Hadits secara komunal hanya satu dua orang saja yang lebih disebabkan faktor intrinsik siswa- siswi. Sedangkan pengaruh hasil pembelajaran taman pendidikan Al-Qur’an (TPQ) dalam meningkatkan prestasi belajar Al-Qur’an Hadits. 1. Bahwasanya pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Raudlatus Shibyan tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa khusunya dalam pembentukan karakteristik yang Qur’ani. 2. Meningkatnya prestasi bagi siswa MI Raudlatus Shibyan lebih disebabkan karena faktor intriksik dari dalam dirinya dan tuntutan sekolah. 3. Siswa menganggap bahwasanya pengaruh hasil pembelajaran Al-Qur’an Hadits bersifat normative yang sudah sering dilakukan di lembaga- lembaga pada umumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Ghofir, Abdul
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDGhofir, AbdulUNSPECIFIED
Keywords: TPA; Al-Qur’an Hadits; Prestasi Belajar
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nada Auliya Sarasawitri
Date Deposited: 20 Jan 2023 11:02
Last Modified: 20 Jan 2023 11:02
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45015

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item