Mubarok, Muji (2007) Upaya meningkatkan profesionalisme guru di Madrasah Aliyah Da'watul Khoir Kertosono Nganjuk. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
00110082.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (553kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Guru merupakan faktor yang sangat dominan dan paling penting dalam pendidikan, untuk mencapai tujuan pembelajaran di sekolah. Kemampuan guru dalam mengajar, proses pembelajaran dan dalam mencapai tujuan pendidikan merupakan indikator keberhasilan proses belajar mengajar siswa. Agar dalam melaksanakan tugasnya secara baik sesuai dengan profesi yang dimilikinya, guru perlu menguasai berbagai hal sebagai kompetensi yang dimilikinya.
Profesionalisme guru merupakan suatu kemampuan guru dalam mengelola dirinya sendiri dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sehari-hari secara profesional dengan sebaik-baiknya. Kedudukan guru sebagai tenaga profesional mengandung arti bahwa pekerjaan guru hanya dapat dilakukan oleh seorang yang mempunyai kualifikasi akademik, kompetensi, dan sertifikat pendidik sesuai dengan persyaratan untuk setiap jenis dan jenjang pendidikan tertentu. Sedangkan kompetensi guru adalah suatu kemampuan tertentu yang dimiliki guru dalam proses pembelajaran. Guru sebagai tenaga profesional harus memiliki empat kompetensi, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi sosial, dan kompetensi kepribadian.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi guru serta upaya peningkatan profesionalisme guru pada Madrasah Aliyah (MA) Da'watul Khoir Kertosono Nganjuk. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian kualitatif. Sedangkan data dalam penelitian ini ada dua, yaitu data primer dan data skunder. data primer yang diperoleh oleh peneliti adalah: hasil wawancara dengan kepala sekolah, Kepala yayasan dan guru MA Da’watul Khoir Kertosono Nganjuk sedangkan data sekunder adalah data yang diterbitkan oleh organisasi atau lembaga yang bukan merupakan pengolahan peneliti, Adapun Tehnik pengambilan data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dan tehnik dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti di MA Da`watul Khoir Kertosono Nganjuk menunjukkan bahwa profesionalisme guru di MA Da`watul Khoir masih kurang, tidak semua guru mengajar mata pelajaran sesuai dengan bidang ahli yang dimilikinya. Sedangkan upaya peningkatan profesionalisme guru di MA Da`watul Khoir Kertosono Nganjuk dilakukan dengan dua cara, yaitu pertama manajemen guru meliputi jumlah kebutuhan guru, pembagian tugas guru, sistem penggajian. Kedua rekruetmen dan pemberdayaan guru, meliputi perencanaan, seleksi guru, dan pengangkatan guru, mengadakan pelatihan- pelatihan dan aktif mengikuti seminar tentang pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Padil, Moh | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Profesionalisme Guru; Kompetensi Guru | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 11:01 | ||||||
Last Modified: | 28 Mar 2023 11:46 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45005 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |