Saptono, Joko (2008) Standar Operasional Prosedur pengajuan Kredit dan sistem pengawasan Intern untuk mencegah Kredit macet pada PT Bank Tabungan Negara Cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04610089.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (675kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu peran penting bank dalam masyarakat adalah melakukan kegiatan penghimpunan dan penyaluran dana dari dan ke masyarakat, dalam penyaluran dana kemasyarakat melalui kredit, sangat diperlukan standar operasional prosedur yang baik agar nasabah dapat dengan mudah mengerti dan memahami prosedur dan syarat-syarat untuk mengajukan kredit, penelitian ini untuk menggambarkan standar operasional prosedur dan pelaksanaan pengawasan intern yang diterapkan oleh PT Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Yang bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan standar operasional prosedur kredit, pengawasan kredit dan pencegahan kredit macet. Dan juga menganalisa adanya masalah dalam pelaksanaannya serta memberikan solusi dan alternatif pemecahan masalah yang dihadapi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa pelaksanaan Standar Operasional Prosedur Kreditdi PT Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengajukan permohonan kredit serta memberikan kemudahan pihak bank untuk mengontrol atau mengawasi kredit yang telah tersalurkan kepada nasabah. Adapun penerapan pengawasan kredit dengan cara pemeriksaan data dokumen calon nasabah dengan teliti dan cermat serta pengawasan secara langsung ketempat nasabah bekerja. Sedangkan untuk pencegahan kredit macet PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Cabang Malang menerapkan kebijakan yaitu penetapan kebijakan dan prosedur manajemen risiko kredit, penentuan limit-limit risiko kredit yang bisa ditolerir oleh bank, identifikasi risiko kredit, pengukuran risiko kredit sehingga diperoleh kebutuhan modal untuk menyerap risiko yang ada, pemantauan dan pengendalian risiko kredit.
ABSTRACT
One of important role of bank in the society is collect and distribute fund from and to the society, in fund distribution to the society through credit, it is absolutely needs easiy good standard operational procedure so the customer understand procedure and the requirement to appeal credit, this research is to describe the standard operational procedure and the implementation of internal supervision which is applied by PT Bank Tabungan Negara (Ltd.) Malang
This research is qualitative research by using descriptive approach and aimed is describe the implementation of credit standard operational procedure, credit supervision and stuck credit prevention. And also analyze the problem in the implementation and give solution alternatives which are faced. The data analysis qualitative by using triangulation in examining the data.
Based on the result of this research, the implementation ofcredit standard operational procedure in PT Bank Tabungan Negara (Ltd.) Malang ean give ease to society to appeal credit and to the bank to supervise credit which has distributed to the customer. While the implementation of credit supervision is observing the data of recruited customer carefully and direct supervision to customer’s company. Whereas in order to prevent stuck credit PT Bank Tabungan Negara (Ltd.) Malang applies a policy, they are determining policy and credit risk management procedure, determining risk limits can be to related by bank, identifying credit risk, measuring credit risk to get capital needs which prevent the risk, monitoring and controlling the credit risk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Khasanah, Umrotul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Standar Operasional Prosedur Kredit; Pengawasan Kredit; Pencegahan Kredit Macet; Standard Operational Procedure on credit; Credit Supervision; Stuck Credit Prevention | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 10:43 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 10:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44997 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |