Nurdiawan, Hendra (2011) Analisis penerapan strategi pemasaran Rumah Makan Ayam Bakar Wong Solo cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06610029.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pesatnya pertumbuhan dunia bisnis dan persaingan yang semakin ketat, perusahaan diharapkan mampu untuk bersaing dengan perusahaan lain yang sejenis, salah satu kegiatan utama yang dilakukan dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup dan sebagai ujung tombak keberhasilan suatu perusahaan adalah dengan kegiatan pemasaran. Yaitu dengan melakukan berbagai langkah strategis dalam pemasaran yang sering disebut dengan strategi pemasaran. Karena dengan berhasilnya strategi pemasaran akan sangat menentukan posisi pasar perusahaan. Dan strategi pemasaran yang tepat adalah dengan melakukan kegiatan promosi (Bauran Promosi), karena dengan begitu suatu perusahaan dapat menjadi market leader diantara perusahaan-perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama. Salah satu perusahaan yang ingin menjadi market leader adalah Rumah makan Ayam Bakar Wong Solo yang bergerak dibidang kuliner khas Indonesia. Strategi pemasaran adalah kunci untuk menjadi market leader, dan untuk mewujudkan itu perlulah Rumah makan Ayam Bakar Wong Solo mengetahui segala hal mengenai segmentasi pasar, pasar yang dituju, strategi pemasaran yang sesuai dengan produk yang ditawarkan. Dengan begitu pangsa pasar dapat dikembangkan secara keseluruhan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengembangan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi data dan sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Rumah makan Ayam Bakar Wong Solo telah menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dengan produk mereka. Pada dasarnya Rumah makan Ayam Bakar Wong Solo telah menerapkan manajemen pemasaran internasional dengan membagi strategi pemasarannya menjadi dua macam, strategi pemasaran pusat atau global strategy dan strategi pemasaran cabang atau local strategy . hal ini dimaksudkan agar tujuan Rumah makan Ayam Bakar Wong Solo untuk menjadi market leader di bidang kuliner indonesia akan segera terwujud. Strategi pusat Rumah makan Ayam Bakar Wong Solo dengan memanfaatkan brand dan rasa khas yang dimiliki telah berhasil menjangkau pangsa pasar yang sangat luas, dan strategi pemasaran cabang pun sangat berperan dalam pengembangan pangsa pasar secara keseluruhan, dengan penyesuaian karakteristik pelanggan yang dilakukan oleh outlet cabang Rumah makan Ayam Bakar Wong Solo sebagai acuan penerapan strategi pemasaran lokal terbukti sangat efektif untuk mewujudkan tujuan utama Rumah makan Ayam Bakar Wong Solo.
ABSTRACT
The rapid growth of the business world and the competition which increasingly fierce, companies are expected to be able to compete with other similar companies, one of the main activities which can be undertaken as an effort to maintain the viability and as the spearhead of the success of a company is marketing activities. By performing the various strategic steps in marketing which are often called the marketing strategy. Due to the success of the marketing strategy will largely determine the company's market position. And the proper marketing strategy is to conduct promotional activities (Mix of Promotion), because then a company can become the market leader among other companies engaged in the same field. One company that wants to become the market leader is Ayam Bakar Wong Solo Restaurant, engaged in culinary Indonesia. Marketing strategy is a key to be a market leader, and to realize that it is necessary for Ayam Bakar Wong Solo Restaurant to know all about the market segmentation, the target market, and the marketing strategies due to the products offered. That way the share of the overall market can be developed.
This study used a qualitative descriptive method. The data from this study were obtained by conducting interviews, observations, and documentation. The development of the data in this study was done by using triangulation of data and sources.
The results of this study indicate that Ayam Bakar Wong Solo Restaurant has implemented a marketing strategy that suits their product. Basically Ayam Bakar Wong Solo Restaurant has implemented an international marketing management by dividing into two kinds of marketing strategies, center marketing strategies or a global strategy and branch marketing strategy or a local be strategy. It is intended for the purpose Ayam Bakar Wong Solo Restaurant to be the market leader in the field of culinary Indonesia will be realized soon. The center strategy of Ayam Bakar Wong Solo Restaurant by leveraging brand and distinctive flavor that is owned has reached a very large market share and branch marketing strategy is very instrumental in the development of the overall market share, with the adjustments made to the customer characteristics the branch outlets of Ayam Bakar Wong Solo Restaurant as a reference of the implementation of local marketing strategy proved very effective to realize the main purpose of Ayam Bakar Wong Solo Restaurant.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Slamet, Slamet | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Pemasaran; Penerapan; Marketing Strategy; Implementation | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 10:43 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 10:43 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44979 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |