Machmud, Machmud (2011) Implementasi strategi Personal Selling pada PT. Yudhistira Ghalia Indonesia divisi toko buku Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06610027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pesatnya pertumbuhan dunia bisnis dan persaingan yang semakin ketat, perusahaan diharapkan mampu untuk bersaing dengan perusahaan lain yang sejenis, salah satu kegiatan utama yang dilakukan dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup dan sebagai ujung tombak keberhasilan suatu perusahaan adalah dengan kegiatan pemasaran. Yaitu dengan melakukan berbagai langkah strategis dalam pemasaran yang sering disebut dengan strategi pemasaran. Karena dengan berhasilnya strategi pemasaran akan sangat menentukan posisi pasar perusahaan. Dan strategi pemasaran yang tepat adalah dengan melakukan kegiatan promosi (Bauran Promosi), karena dengan begitu suatu perusahaan dapat menjadi market leader diantara perusahaan-perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama. Salah satu perusahaan yang telah sukses menjadi market leader diantara perusahaan-perusahaan lain adalah PT. Yudhistira Ghalia Indonesia yang merupakan perusahaan swasta nasional yang bergerak di bidang penerbitan dan percetakan buku. Salah satu strategi bauran promosi yang dilakukan PT. Yudhistira Ghalia Indonesia adalah melalui strategi personal selling. Personal Selling adalah satu-satunya alat promosi yang digunakan untuk berkomunikasi dengan customer potensial secara langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan strategi personal selling yang telah diterapkan PT. Yudhistira Ghalia Indonesia Divisi Toko Buku Surabaya kepada para customer.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengembangan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi data dan sumber.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mengimplementasikan strategi personal selling, PT. Yudhistira Ghalia Indonesia menerapkan strategi dalam mempromosikan produknya dengan melakukan pendekatan, presentasi, dan penawaran secara langsung dengan pihak customer. Adapun prinsip dasar yang diterapkan adalah dengan sifat jujur ketika memasarkan produk kepada customer. Sedangkan faktor-faktor yang berpengaruh dalam penerapan strategi personal selling pada PT. Yudhistira Ghalia Indonesia dengan memperhatikan performance dan product knowledge. Dengan memanfaatkan keunggulan yang ada yaitu melakukan komunikasi secara langsung terhadap customer potensial, sehingga terjadi interaksi dan umpan balik antara seorang wiraniaga dengan customer secara langsung, serta dapat menyampaikan karakteristik produk secara kompleks. Meskipun terdapat kelemahan yaitu waktu, tenaga, dan biaya yang terbatas. Namun, PT. Yudhistira Ghalia Indonesia telah mendapatkan solusinya dengan melakukan komunikasi jarak jauh terhadap customer serta melakukan aktifitas promosi pembantu lainnya untuk meningkatkan omzet penjualan produk.
ABSTRACT
The rapid growth business world and increasing competition, company is expected able to compete with other companies similar, one the main activities performed in an effort to maintain survival and as the spearhead the success of a company is by marketing activity. That is by doing various strategic measures in marketing which is often called marketing strategy. Due to the success of marketing strategies will determine the company's market position. And the right marketing strategy is with a promotion (Promotional Mix) That way a company can be market leader among other companies engaged in the same. One company that has successfully become the market leader among the other firms are PT. Yudhistira Ghalia Indonesia which is a national private company engaged in publishing and printing books. One of the promotional mix strategy undertaken PT. Yudhistira Ghalia Indonesia is through personal selling strategy. Personal Selling is the only promotional tool used to communicate with potential customers directly. The purpose of this study was to describe the personal sales strategies that have been implemented PT. Yudhishthira Ghalia Indonesia Bookstore Division Surabaya to its customers.
This study uses descriptive qualitative method. The data of this study were obtained by interview, observation, and documentation. The development of the data in this study is done by using triangulation of data and sources.
The results of this study indicate that in implementing the strategy of personal selling, PT. Yudhistira Ghalia Indonesia implement strategies to promote their products by doing approach, presentation, and deals directly with the customer. The basic principle applied is by nature honest when marketing products to customers. While the factors that influence the implementation of personal selling strategy for PT. Yudhishthira Ghalia Indonesia with due regard to performance and product knowledge. Then take advantage of existing, namely to communicate directly to potential customers, so that there is interaction and feedback between a salesperson with the customer directly, despite the weakness of time, effort, and limited cost. However, PT. Yudhishthira Ghalia Indonesia have obtained a solution to perform distance communication to customers and perform other auxiliary promotional activities to increase.product sales turn over.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masyhuri, Masyhuri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi; Personal Selling; Strategy; Personal Selling | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 10:42 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 10:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44974 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |