Responsive Banner

Analisis Efektifitas Iklan Televisi Produk Rokok X-Mild Expresikan Aksimu Edisi Band Netral dengan Menggunakan EPIC Model

Ismail, Mohammad Afiek (2008) Analisis Efektifitas Iklan Televisi Produk Rokok X-Mild Expresikan Aksimu Edisi Band Netral dengan Menggunakan EPIC Model. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
04610074.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pada saat ini persaingan bisnis sangat pesat sekali. Perusahan harus pandai-pandai melakukan promosi, supaya produk tersebut laku di pasaran, salah satu caranya melalui periklanan. PT Bentoel Prima dengan produknya X-MILD pada pertengahan tahun 2008, membuat iklan dengan media televisi, yang dikonsep dengan cukup menarik, yaitu grup band “NETRAL” sebagi endoser dari iklan ini. Sehingga untuk mengetahui efektifitas iklan tersebut digunakan EPIC Model yaitu model untuk menilai efektifitas iklan dari AC Nielsen yang melihat efektifitas sebuah iklan dari sisi Empathy, Persuasion, Impact dan Communication.

Penelitian ini dilakukan pada konsumen Coffe Holic AGP di Dinoyo. Berdasarkan Maholtra, maka sampel penelitian ini yaitu 50 responden yang didapat dari 5 kali 10 item variabel. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yakni orang yang mengkonsumsi rokok X-MILD dan orang yang pernah melihat iklan televisi produk rokok X-Mild "Expresikan Aksimu" Edisi Band Netral. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan pendekatan survey. Alat analisis menggunakan EPIC Model yaitu dengan melihat nilai rata-rata masing- masing variabel dalam empat dimensi EPIC (Empathy, Persuasion, Impact dan Communication,). Dan memasukkannya dalam tujuh tingkat efektifitas EPIC Model.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan rokok X-Mild "Expresikan Aksimu" Edisi Band Netral mendapat total nilai keseluruhan EPIC Model yang sangat efektif sekali, yaitu dengan nilai skor rata-rata dimensi Empathy 5.110, dimensi Persuasion 4.360, dimensi Impact 5.206, dan dimensi Communication memiliki skor 5.126. Nilai tertinggi terdapat pada dimensi Impact yakni dengan skor 5.206. hal ini membuktikan bahwa iklan rokok X-Mild "Expresikan Aksimu" Edisi Band Netral berhasil memperkenalkan rokok X-MILD dan pengetahuan produk (product knowledge) atas rokok X-MILD, serta iklan rokok X-Mild "Expresikan Aksimu" Edisi Band Netral merupakan terobosan yang kreatif.

ABSTRACT

Today, cigarette business competition is very competitive. Brightly, The Company must promote their products in order to be sold well in the market. One of the ways to promote is through advertisement. In the middle 2008, Bentoel Prima Co. Ltd. with its product X-MILD creates advertisement using television media in very interesting concept. It uses “NETRAL” group band as an endorser on this advertisement. EPIC model is a model that judges the effectiveness of advertisement from AC. Nielsen which observes the advertisement from Empathy, Persuasion, Impact, and Communication view.

The object of this research is consumer of Coffee Holic AGP at Dinoyo. Based on Maholtra theory, the researcher takes 50 respondents as sample. It is from 5 multiply 10 items of variable. Taking sample method uses purposive sampling. They are consumers of X-MILD cigarette and they had seen X-MILD advertisement “Ekspresikan Aksimu” of Netral Band. The analysis instrument is EPIC model. It is done by observing the average score of each variable in 4 EPIC dimensions (Empathy, Persuasion, Impact and Communication). Then, the researcher includes the average score into seven Effectiveness level of EPIC model.

The result of this research shows that X-MILD advertisement totally gets the whole score of EPIC model which is very effective. The average score for Empathy dimension is 5.110, Persuasion dimension is 4.360, Impact dimension is 5.206, Communication dimension is 5.126, and impact dimension has the highest score; it is 5.206. it proves that advertisement of X-MILD cigarette product ”Ekspresikan Aksimu” in Netral Band edition is success in recognizing X-MILD cigarette. Entirely, the advertisement of X-MILD cigarette product “Ekspresikan Aksimu” in Netral Band edition is a creative innovation.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Masyhuri, Masyhuri
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMasyhuri, MasyhuriUNSPECIFIED
Keywords: Analisis Efektifitas; Iklan Televisi; Produk Rokok X- MILD; EPIC Model; Analysis on Effectiveness; of Advertisement; of X-MILD Cigarette Product; EPIC Model
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Koko Prasetyo
Date Deposited: 20 Jan 2023 10:42
Last Modified: 20 Jan 2023 10:42
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44972

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item