Hasanuddin, Hasanuddin (2011) Analisis Faktor keputusan Konsumen dalam mengakses Hotel Putra Jaya di Gresik. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06610018.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Dengan kondisi persaingan yang semakin tinggi antar perusahaan jasa khususnya yang bergerak disektor hotel, setiap perusahaan saling berpacu untuk memperluas pasar agar bisa mendapatkan banyak konsumen. Harapan dari adanya perluasan pasar secara langsung adalah meningkatkan penjualan dan memaksimalkan laba, sehingga perusahaan akan memiliki lebih banyak konsumen. Namun ada beberapa hal yang harus dipahami oleh perusahaan selaku produsen, bahwa semakin banyak konsumen maka perusahaan akan semakin sulit mengenali konsumennya secara teliti, terutama tentang faktor-faktor keputusan konsumen dalam menggunakan jasa yang ditawarkan dan alasan yang mendasarinya.
Tujuan penelitian ini adalah (a) untuk menganalisis faktor-faktor penetapan harga dan faktor-faktor kualitas pelayanan secara bersama-sama dipertimbangkan konsumen dalam keputusan menggunakan Hotel Putra Jaya dan (b) untuk mengetahui faktor yang menjadi determinan utama dalam mempengaruhi keputusan konsumen menggunakan Hotel Putra Jaya.
Lokasi penelitian di Gresik, adapun alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji validitas dan uji realibilitas alat instrumen serta menggunakan analisis faktor.
Atribut atau variabel yang dipertimbangkan dalam penelitian ini adalah faktor penetapan harga yang meliputi; biaya tarif kamar, fasilitas yang tersedia, kebijakan manajemen, harga pesaing. Sedangkan faktor kualitas pelayanan meliputi; bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, empati.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, hasil rotasi dengan metode analisis faktor responden pengguna Hotel Putra Jaya disimpulkan bahwa 24 sub variabel dapat direduksi menjadi 9 faktor yaitu;(a) biaya tarif kamar (b) bukti fisik (c) fasilitas yang tersedia (d) daya tanggap (e) kebijakan manajemen (f) jaminan (g) harga pesaing (h) empati dan (i) keandalan. Faktor yang paling determinan mempengaruhi keputusan konsumen menggunakan Hotel Putra jaya adalah faktor biaya tarif kamar.
ABSTRACT
With the condition of the higher competition among service companies enganged in particular the hotel sector, each company raced each other to expand the market to get lot of consumers. Expectation from the expansion of direct market to increase sales and maximize profits, so the company will have more customers. However, there are some things that must be understood by the company as the manufacturer, if there are more and more customers, the company will by increasingly difficult to identify its customers carefully, especially on consumer decision factor in using the services offered and the underlying reasons.
The purpose of the study are (a) to analyze the factor determining the price and service quality factors that are jointly considered by consumers in the decision of using Hotel Putra Jaya and (b) to detemine the factors that become the major determinant in influencing consumers’ decisions to use Hotel Putra Jaya.
Research location in Gresik, while the analysis tools in this study is to test the validity and reliability test instruments using factor analysis.
Attributes or variables considered in this research is factor of determining price including: the cost of room rates, facilities available, management policies, the price of competitors. While the service quality factors include: physical evidence, reliability, responsiveness, assurance, and empathy.
The results of this study show that, the rotation method of factor analysis of respondents user of Hotel Putra Jaya concluded that 24 sub-variables can be reduced to 9 factors named, (a) the cost of the room rate (b) physical evidence (c) the facilities available (d) power response (e) policy management (f) guarantee (g) the price of a competitor (h) empathy and (i) reliability. The most determinant factor influencing consumers’ decisions to use Hotel Putra Jaya room rate is the cost factor.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masyhuri, Masyhuri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Penetapan Harga; Kualitas Pelayanan; Faktor–Faktor Keputusan Konsumen; Determining Price; Service Quality; Consumer Decision Factors | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 10:45 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 10:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44965 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |