Wahyulinda, Khardina (2010) Problematika Penerapan Terapi Aba (Applied Behaviour Analysis) pada anak Autis di Pusat Terapi Terpadu A Plus Lembaga Pendidikan Anak Gangguan Perkembangan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06410030.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Setiap metode dalam suatu proses terapi autis memegang peranan penting dalam menunjang keberhasilan atau kesembuhan anak. Oleh karena itu pengelolaannya harus dilakukan sungguh-sungguh, sehingga apabila ada permasalahan dapat diketahui dan segera dipecahkan. Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh hasil terapi yang optimal terutama dalam penerapan metode ABA (Applied Behaviour Analysis) yang merupakan metode yang terstruktur dan telah disusun untuk menerapi anak autis. Metode ABA adalah implementasi dan evaluasi dari berbagai prinsip dan teknik yang membentuk teori pembelajaran perilaku (behaviour learning) yang ditekankan pada pemberian reinforcement yang positif sebagai kunci dalam perubahan perilaku anak autis.
Berpijak pada uraian di atas, untuk mengetahui bagaimana penerapan metode ABA (Applied Behaviour Analysis) dan apa saja permasalahannya di Pusat Terapi Anak Berkebutuhan Khusus A Plus di Jalan Blitar No. 02 Malang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif pada pendekatan studi kasus karena pada dasarnya, penelitian ini bermaksud untuk menjelaskan keadaan dokumenter. Kemudian data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu berusaha memaparkan secara detail hasil penelitian sesuai dengan data yang dikumpulkan, dilanjutkan dengan menarik kesimpulan secara khusus dengan membandingkan keadaan di lapangan dengan standar baku yang mengacu pada teori yang ada. Penelitian ini memusatkan diri secara intensif pada obyek tertentu yang mempelajarinya sebagai suatu kasus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode ABA pada proses terapi di Lembaga Pusat Terapi Anak Berkebutuhan Khusus A Plus telah berjalan optimal sesuai dengan program yang telah ditentukan, namun tetap harus didukung oleh metode atau teknik lain agar saling melengkapi.
Sedangkan problematika penerapan metode ABA pada proses terapi di lembaga tersebut bermacam-macam di antaranya karena faktor biaya yang tidak mencukupi, kurangnya profesionalitas kerja tenaga terapis, ketidakseimbangan dan perbedaan cara pemberian instruksi dan materi antara di rumah dan di tempat terapi, kurangnya kerjasama antara terapis dan orang tua anak, berat ringannya gangguan yang diderita anak, perilaku anak yang suka mengamuk dan kurangnya intensitas waktu yang digunakan untuk terapi. Problematika yang dialami oleh terapis di lembaga tersebut berbeda-beda. Hal ini dikarenakan setiap anak autis memiliki kelemahan dan kelebihan yang berbeda-beda pula.
Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa Pusat Terapi A Plus telah menerapkan metode ABA dan terdapat problematika di dalam penerapannya. Namun dengan upaya-upaya yang telah dilakukan oleh pihak tenaga terapis dan pengelola pusat terapi tersebut, dapat menunjang keberhasilan penerapan metode ABA dan mengoptimalkan berjalannya proses terapi, serta dapat menjadi pemecahan permasalahan dalam penerapan metode ABA di lembaga yang terkait.
ABSTRACT
Each method in a process of autism therapy plays an important role in the success in curing the child. Therefore, management should be done seriously, so any problems can be identified and promptly resolved. This is intended to obtain optimal therapeutic results, especially in the application methods of ABA (Applied Behavior Analysis) which is a structured method and has been prepared for coping children with autism or children with special needs.
Based on the description above, to find out how the application of ABA (Applied Behavior Analysis) works and what are the problems in the Therapy Center for Children with Special Needs A Plus at Jalan Blitar. 2 Malang.
This study used a qualitative descriptive method because basically, this study intends to describe or explain the state of documentary. Then the collected data were analyzed using descriptive analysis techniques, namely trying to explain in detail the results of research in accordance with the data collected, followed by a draw conclusions or understanding in particular by comparing the situation on the field with a basic standard that refers to the existing theories.
The results showed that application of the ABA (Applied Behavior Analysis) in the therapy process in the Therapy Centre for Children with Special Needs A Plus has been running optimally in accordance with a program that has been determined, but still must be supported by other methods or techniques to complement each other.
While the problem of application of ABA (Applied Behavior Analysis) in the therapy process are in a variety term because of inadequate cost factors, lack of professionalism of therapists, imbalances and differences in the way of instruction and materials between at the home and in place of therapy, lack of collaboration between therapists and parents of children, the severity of disruption suffered by the child, child behavior tantrums and lack of intensity of time used for therapy. The problems experienced by therapists are different. This is because every child with autism has different weaknesses and strengths, so the problems that arise are also very individual.
Based on the above data, it can be concluded that the Therapy Center for Children with Special Needs A Plus has applied the method of ABA (Applied Behavior Analysis) and there are problems in implementation. But with the efforts made by therapist and manager of the therapy center, to support the successful application of ABA (Applied Behavior Analysis) and optimize the operation process of therapy, and can be a method of solving problems in the application of ABA (Applied Behavior Analysis) in related institutions.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ardani, Tristiadi Ardi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Problematika; Metode ABA (Applied Behaviour Analysis); Terapi Autis; Pusat Terapi Anak Berkebutuhan Khusus ”A Plus”; Problems; Methods of ABA (Applied Behavior Analysis); Autism Therapy; Therapy Center for Children with Special Needs "A Plus" | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 24 Jan 2023 07:59 | ||||||
Last Modified: | 24 Jan 2023 07:59 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44961 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |