Yudiarko, Ari (2010) Penanggulangan Kenakalan Remaja: Studi kasus di MTs Al-Khalifah Kepanjen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04110094.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (829kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Tujuan dari pendidikan nasional Indonesia adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan ketrampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan sesuai dengan UUSPN BAB II, asal 4. Siswa di sekolah menengah mempunyai tingkat perkembangan kepribadian dan sosial yang berada di mana pada masa transisi dari anak-anak ke remaja. Masa remaja adalah masa krisis di mana remaja berusaha untuk mencari identitas diri. Dewasa ini dunia pendidikan sedang dilanda keprihatinan yang sangat mendalam dengan sering terjadinya tindak kenalakan remaja atau yang dikenal dengan sebutan kenakalan remaja yang membawa dampak cukup serius bagi perkembangan dirinya (remaja) dan masyarakat. Karena nakal itu adalah suatu perbuatan anti sosial, melanggar hukum yang berlaku, yang dilakukan oleh seorang yang menuju dewasa dengan diketahuinya ia sendiri yang apabila dilakukan oleh seorang dewasa dikualifikasi sebagai tindak kejahatan. Berita tentang kenakalan itu memberondong ibarat peluru di medan perang dan celakanya yang selalu terkena lemparan caci maki adalah pihak sekolah, bahkan tidak jarang masyarakat menganggap bahwa rendahnya mutu kelakuan atau kepribadian pelajar adalah karena kurang mampunya sekolah dalam mengendalikan psikis siswanya.
Berangkat dari pemikiran di atas penulis mengambil judul “Penanggulangan Kenakalan Remaja (studi kasus di MTs Al-Khalifah Kepanjen)”. Dalam hal ini penulis mempelajari tentang apa sajakah jenis kenakalan yang dilakukan oleh remaja, faktor-faktor yang mempengaruhi remaja sehingga melakukan kenakalan dan bagaimana usaha sekolah dalam menanggulangi kenakalan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk kenakalan remaja, faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja serta usaha sekolah dalam mengatasi kenakalan remaja di Madrasah Tsanawiyah Al-Khalifah Kepanjen Kabupaten Malang.
Untuk memperoleh data yang akurat, penulis menggunakan penelitian deskriptif kualitatif yaitu dengan metode mendeskripsikan dan menganalisis hasil penelitian tanpa menggunakan rumus perhitungan, adapun dalam memperoleh data penulis menggunakan observasi langsung, interview kepada para informan, dan dokumentasi
Dari data yang diperoleh menjelaskan bahwasannya keadaan nyata kenakalan remaja (siswa) masih tergolong biasa dan tidak berbahaya seperti membolos, terlambat datang ke sekolah, tidak mengerjakan PR, membuat gaduh dan sebagainya. Faktor – faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja sering kali disebabkan karena kurangnya perhatian orang tua (broken home), pengaruh teman sepermainan dan dari diri mereka sendiri karena malas dan takut dengan guru. Kemudian mengenai data yang diperoleh sebagai upaya usaha pihak sekolah dalam menanggulangi kenakalan remaja (siswa) diantaranya adalah kerjasama dengan orang tua dan masyarakat serta memberikan hukuman yang mendidik. Disamping itu pula menciptakan komitmen kepada seluruh guru untuk selalu mengingatkan setiap siswa yang melakukan pelanggaran berbentuk apapun. Sebagai saran yang harus dilakukan dalam menanggulangi kenakalan remaja adalah hendaknya antara orang tua, sekolah dan masyarakat menciptakan lingkungan yang kondusif, memberikan pelayanan dan memotivasi remaja untuk senantiasa mengisi waktu luang mereka dengan kegiatan yang positif. Menjalin interaksi antara siswa dengan guru seharmonis mungkin. Perlu adanya intropeksi diri terhadap Kegiatan Belajar Mengajar yang dilakukan oleh guru dan murid (remaja). Bagi orang tua diharapkan memberikan perhatian mengenai kegiatan sehari-hari sang anak dan berusaha mengarahkan pada kegiatan yang membawa manfaat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kenakalan; Remaja | ||||||
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 10:57 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 10:57 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44951 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |