Faqih, M. Ubaidillah (2008) Penerapan Balanced Scorecard sebagai model pengukuran keseimbangan Proposisi nilai Stakeholder pada PT Citra Utama Niaga Nusantara Surabaya. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
![]() |
Text (Fulltext)
04610064.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Balanced scorecard (BSC) merupakan salah satu konsep sistem pengukuran kinerja manajerial yang mempunyai fungsi dan arti penting bagi perusahaan dalam menjalankan konsep manajemen strategis dengan menggunakan empat perspektif pengukuran secara sistematis dan terintegrasi. Dengan menggunakan balanced scorecard, manajemen dapat mengidentifikasi, merumuskan dan menciptakan proposition value dengan baik di antara para pemercayanya (stakeholder) secara seimbang dan proporsional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tolok ukur kinerja dan proposisi nilai stakeholder perusahaan dengan menggunakan pendekatan balanced scorecard, studi kasus pada PT. Citra Utama Niaga Nusantara Surabaya
Jenis dan pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Adapun model analisa data dilakukan dengan menggunakan dua cara : (Pertama) secara kualitatif, yaitu dengan mendeskripsikan menurut bahasa, kalimat dan cara pandang untuk mendapatkan suatu pengertian yang logis dan relevan dengan tujuan penelitian. (Kedua) menggunakan pendekatan balanced scorecard, yaitu analisis data yang dibuat dalam bentuk angka berdasarkan pendekatan balanced scorecard.
Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana konsep umum balanced scorecard, empat perspektif pengukuran balanced scorecard, implementasi balanced scorecard, keseimbangan proposition of stakeholders value dan balanced scorecard dalam perspektif Islam.
Dari hasil analisis menunjukkan bahwa pengukuran balanced scorecard PT. Citra Utama Niaga Nusantara menunjukkan bahwa perusahaan memiliki satu set tolok ukur yang baik dalam menjalankan balanced scorecard. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa beberapa perspektif balanced scorecard juga terbukti memiliki dampak positif terhadap peningkatan kinerja perusahaan di semua perspektif, meliputi perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Hal ini disebabkan oleh kemampuan perusahaan dalam mengidentifikasi, merumuskan dan menentukan proposition of stakeholder value dengan baik melalui pendekatan balanced scorecard.
ABSTRACT
Balanced Scorecard (BSC) is one of managerial achievement measurement system that have essential function and mean for company is going strategic management concept. It is measured by four orderly and integrative perspectives. By using it, manager can identify, formulate and create good proposition value among stakeholder properly and proportionally. The aim of this research is to know the company's yardstick and proposition of stakeholder value utilizes balanced scorecard approach, case study at PT Citra Utama Niaga Nusantara in Surabaya.
This research is including into descriptive qualitative. There method of analysis used two ways. The first method is qualitative method. It is done by describing based on language, sentences and paradigm to get a logic and relevant understanding. The second method is balanced scorecard approach. It is made by numeral from bases balanced scorecard approach.
This research explains common concept of balanced scorecard, four measurement perspectives of balanced scorecard, implementation of balanced scorecard, balance of proposition of stakeholder values and balanced scorecard in Islamic perspective.
The result of the research shows that measurement of balanced scorecard on PT. Citra Utama Niaga Nusantara in Surabaya has one good set yardstick in carries on balanced scorecard. The result also points out that severally balanced scorecard's perspective covering financial perspective, costumer perspective, internal business process prespective and learning and growth perspectives, have positive impact to corporate performance step-up at all perspective. It is caused by the company's ability in identifying, formulating and determining proposition of stakeholder value properly through balanced scorecard approach.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rozi, M. Fatkhur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Balanced Scorecard; Proposisi Stakeholder Value; Kinerja; Balanced Scorecard; Proposition of Stakeholder Value; Achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 10:42 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 10:42 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44948 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |