Responsive Banner

Analisis Kecerdasan Emosional (EQ) dalam mempengaruhi kinerja karyawan di kantor Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang

Royani, Aziz (2011) Analisis Kecerdasan Emosional (EQ) dalam mempengaruhi kinerja karyawan di kantor Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
06610012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Kinerja karyawan merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai seseorang karyawan dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya, serta merupakan unsur penting dalam perusahaan. Dalam rangka meningkatkan kinerja karyawan, banyak cara yang dapat dilakukan oleh manajer. Salah satunya dengan cara meningkatkan kecerdasan emosional (EQ), pada antar karyawan.

Penelitian ini menganalisis kecerdasan emosional (EQ) yang terjadi di Kantor Dinas Kebersihan Dan Pertamanan Kota Malang dalam kaitannya dengan kinerja karyawan. Pengujian dilakukan dengan menggunakan regresi linear berganda, dimana variabel dependen (Y) adalah kinerja karyawan, sedangkan variabel independen (X) adalah kecerdasan emosional (EQ) yang didentifikasi dengan item kesadaran diri (X1), pengaturan emosi (X2), motivasi (X3), empati (X4), dan ketrampilan sosial (X5). Sampel yang digunakan adalah 60 karyawan.

Dari hasil penelitian diketahui secara simultan bahwa variabel kecerdasan emosional yang terdiri dari Kesadaran diri (X1), Pengaturan diri (X2), Motivasi (X3), Empati (X4) Ketrampilan sosial (X5) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang. Dari hasil penelitian diketahui secara parsial bahwa variabel kecerdasan emosional yang terdiri dari Kesadaran diri (X1), Pengaturan diri (X2), Motivasi (X3), Empati (X4) Ketrampilan sosial (X5) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan (Y) Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Malang.

ABSTRACT

Employee performance is the result of the quality and quantity of work achieved by an employee in performing this duties in accordance with the responsibilities given to him, and it is an important element in the company. In order to improve the employee performance, the are many ways that can be done by the manager. One of then is by improving emotional intelligence (EQ), among the employees.

This study analyzes the emotional intelligence (EQ) that occurs in the Office of Hygiene And Gardening of Malang in relation to employee performance. The test conducted by using multiple linear regression, in which the dependent variable (Y) is the performance of the employees, while the independent variable (X) is emotional intelligence (EQ) which is identified with self-awareness items (X1), emotional adjustment (X2), motivation (X3) , empathy (X4), and social skills (X5). The sample used is 60 employees.

From the research results it is simultaneously know that the variable of emotional intelligence that consists of self-awareness (X1), self regulation (x2), Motivation (X3), Empathy (X4) Social skills (X5) significant effect on the employees performance (Y) Department of Hygiene and Gardening Malang. From the research results it is partialy revealed that the variables are partially composed of emotional intelligence which consists of Self-awareness (X1), self regulation (X2), Motivation (X3), Empathy (X4) Social skills (X5) significant effect on employee performance (Y) Department of Hygiene and Gardening of Malang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Nurdiana, Ilfi
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDNurdiana, IlfiUNSPECIFIED
Keywords: Kecerdasan Emosional (EQ); Kinerja Karyawan; Emotional Intelligence; Employee Performance
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Meirisa Anggraeni
Date Deposited: 20 Jan 2023 10:42
Last Modified: 20 Jan 2023 10:42
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44947

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item