Maidah, Anita Noor (2008) Aktualisasi kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SD Islam Tompokersan Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
03140003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (990kB) |
Abstract
INDONESIA:
Keberhasilan guru dalam proses belajar mengajar tentunya tidak terlepas dari peran kepala sekolah sebagai supervisor. Pengawasan dan pengendalian yang dilakukan kepala sekolah terhadap tenaga kependidikan khususnya guru bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran melalui pembelajaran yang efektif. Salah satu SD yang menerapkan pembelajaran efektif guna mencapai target sesuai dengan tujuan pembelajaran tentunya membutuhkan pengawasan yang efektif. Realitanya kepala sekolah SD Islam Tompokersan merupakan seorang yang sibuk sehingga waktu beliau di sekolah sangat terbatas. Sedangkan tujuan pembelajaran adalah proses untuk mengubah tingkah laku siswa sesuai dengan tujuan yang akan dicapai.
Fokus masalah skripsi ini diarahkan kepada studi tentang aktualisasi kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, yaitu diantaranya: (1) bagaimana aktualisasi kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran? (2) apa saja faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran?.
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui berbagai teknik dalam pendekatan kualitatif dengan observasi, wawancara, dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala sekolah SD Islam Tompokersan sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui tiga objek yaitu: a) pembinaan kurikulum; b) perbaikan proses belajar- mengajar; c) pengembangan staf. Kemudian faktor pendukung dari pelaksanaan supervisi ini ialah: 1) dukungan dari wali murid; 2) kerjasama guru dan karyawan; 3)sarana prasarana yang memadai. Faktor penghambat: 1) masih adanya beberapa guru yang kurang bisa mengikuti alur sehingga perlu banyak pembinaan; 2) terbatasnya waktu kepala sekolah.
Dari hasil tersebut direkomendasikan untuk semua karyawan sekolah, termasuk guru-guru dan kepala sekolah, harus berusaha menjalankan supervisi demokratis. Selain itu disarankan kepada kepala sekolah agar tetap menjaga kontinuitas dalam menjalankan program supervisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Marno, Marno | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Kepala sekolah; Supervisor; Kualitas Pembelajaran | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2016 16:00 | ||||||
Last Modified: | 15 Aug 2016 16:00 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4494 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |