Insiyah, Anik (2011) Pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap peningkatan kinerja karyawan pada BMT Usaha Gabungan Terpadu (UGT) Sidogiri Pusat dan cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06610001.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pendidikan membentuk dan menambah pengetahuan seseorang untuk mengerjakan sesuatu dengan lebih cepat dan tepat, sedangkan latihan membentuk dan meningkatkan keterampilan kerja. Bagi organisasi, penilaian kinerja para karyawan sangat penting peranannya dalam mengambil keputusan terkait keseluruhan proses manajemen sumber daya manusia secara efektif. Tujuan penulisan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pendidikan dan pelatihan berpengaruh terhadap kinerja karyawan di BMT UGT Sidogiri Pusat dan Cabang Malang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan sensus yaitu penelitian yang informasinya dikumpulkan dari seluruh populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan quesioner, wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan yaitu regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Metode Diklat, Materi Diklat, Instruktur Diklat dan Lama Waktu Diklat mampu menjelaskan peningkatan kinerja sebesar 95,5% yang terlihat dari nilai adjusted R square dan sisanya 4,5% dipengaruhi faktor lain yang tidak termasuk dalam model. Secara simultan dengan tingkat signifikansi 5%, variabel Metode Diklat, Materi Diklat, Instruktur Diklat dan Lama Waktu Diklat berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kinerja yang dibuktikan dengan nilai F hitung > F tabel (180,445 > 2,69) dengan tingkat signifikansi 0,000. Secara parsial dengan tingkat signifikansi 5% Metode Diklat tidak berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kinerja terlihat dari t hitung sebesar 0,123 < t tabel sebesar 2,042 dengan tingkat signifikansi 0,903. Untuk variabel Materi Diklat berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kinerja terlihat dari t hitung sebesar 2,958 > t tabel sebesar 2,042 dengan tingkat signifikansi 0,006. Untuk variabel Instruktur Diklat berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kinerja terlihat dari t hitung sebesar 4,277 > t tabel sebesar 2,042 dengan tingkat signifikansi 0,000. Sedangkan variabel Lama Waktu Diklat tidak berpengaruh signifikan terlihat dari t hitung sebesar -1,369 < t tabel sebesar 2,042 dengan tingkat signifikansi 0.181. Instruktur Diklat merupakan variabel yang dominan mempengaruhi peningkatan kinerja dengan nilai keofisien regresi sebesar 1,043 (paling besar dari variabel lain).
ABSTRACT
Education sets up and increases knowledge for someone to do things more quickly and precisely, while exercise forms and improves job skills. For organization, the employee performance appraisal has very important role in making decisions effectively related to the overall human resource management processes. This research is conducted ti know how far the effect of education and training toward employees’ performances of BMT UGT of central Sidogiri and Malang Branch.
This research is a quantitative research by using census approach that is a research that the information is gathered from the entire population. The tehniques of data collection are by using interview, documentation and observation. While the method of data analysis used is multiple linear regression.
The results of this study indicate that the variable of method of Training, Training Material, Training Instructor and Lenght Time of Training can explain the performance improvement of 95.5% as seen from the adjusted R square value and the remaining 4.5% is influenced by other factors which are not included in the model. Simultaneously with a significance level of 5%, variable of Training Methods, Materials of Training, Instructor of Training and Length Time of Training have a significant effect on performance improvement as evidenced by the calculated of F value> F table (180.445> 2.69) with a significance level of 0,000. Partially with a significance level of 5% Training Method has no significant effect on performance improvement it can be seen from t calculate equal to 0.123 <t table value 2.042 with a significance level of 0.903. Training Materials for variables significant effect on performance improvement can be seen from t calculate equal to 2.958> t tables of 2.042 with a significance level of 0.006. For Training Instructor variables significantly influence the performance improvement it can be seen from t calculate equal to 4.277> t tables of 2.042 with a significance level of 0,000. Meanwhile, the Length Time of Training variable has no significant effect, it is seen from t calculate equal to -1.369 <t table of 2.042 with a significance level of 0181. Instructor of Training is a dominant variable affecting performance improvement with regression coefficients value amounted to 1.043 (it is biggest from other variables).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yunus, Jamal Lulail | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Metode Diklat; Materi Diklat; Instruktur Diklat; Lama Waktu Diklat dan Kinerja; Method of Training; Training Material; Training Instructor; Length Time of Training and Performance | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 20 Jan 2023 10:45 | ||||||
Last Modified: | 20 Jan 2023 10:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44939 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |