Penciptaan suasana religius dalam menumbuhkan perilaku terpuji siswa: Studi kasus di Madrasah Aliyah Al Hidayah Donowarih Karangploso Malang

Firdaus, Anas (2008) Penciptaan suasana religius dalam menumbuhkan perilaku terpuji siswa: Studi kasus di Madrasah Aliyah Al Hidayah Donowarih Karangploso Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
03110264.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (770kB)

Abstract

INDONESIA:

Pendidikan di Madrasah pada saat ini yang dibutuhkan adalah kualitas pendidikan yang bermutu tinggi baik dari segi moral maupun ilmu pengetahuan, dengan adanya hal ini semua lembaga pendidikan harus mengembangkan lembaganya dan lebih meningkatkan kualitas pendidikan. Keluhan-keluhan para pendidik pada saat ini adalah tingkah laku anak didik yang selalu memunculkan kecenderungan pada hal yang negatif, Dengan hal ini sekolah berupaya memberikan output yang baik dan bermutu dengan cara salah satunya adalah menumbuhkan perilaku yang baik terhadap anak didik sehingga anak didik dapat terarahkan kepada hal yang lebih baik, sesuai dengan adanya tujuan Madrasah Aliyah Al Hidayah yang mampu merubah perilaku sehingga dapat menumbuhkan sifat terpuji yaitu menciptakan alumni yang yang mempunyai pola pikir maju di atas pondasi moral keislaman, sehingga output yang diinginkan tercipta.

Kajian dan pembahasan skripsi bertujuan untuk 1) mengetahui apa yang dilakukan madrasah dalam menumbuhkan perilaku terpuji siswa. 2) Bagaimana penciptaan suasana religius di madrasah. 3) Faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat penciptaan suasana religius dalam menumbuhkan perilaku terpuji siswa.

Dalam menganalisis data, penulis menggunakan alat analisis deskripis kualitatif, dimana data-data atau kalimat secara benar dan jelas, sesuai dengan proses yang terjadi di lapangan. Selain itu penelitian metode kualitif dengan jenis studi kasus ini menggunakan tiga tehnik pengumpulan data yaitu, 1) interviu atau wawancara, 2) observasi dan 3) dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru MA Al Hidayah terus berpartisipasi dalam program penciptaan suasana religius di lingkungan madrasah sehingga dapat menumbuhkan perilaku terpuji siswa. Kesiapan tersebut dilakukan melalui berbagai kegiatan yang berkaitan dengan suasana religius, kegiatan istighotsah, tadarus Al qur’an, bersalam-salaman,kegiatan BBQ, sholat berjamaah dhuha dan dhuhur, kegiatan seni religius, dan setiap mata pelajaran selalu mengaitkan dengan nilai-nilai keagamaan sehingga menumbuhkan perilaku yang terpuji.

Kesimpulannya adalah bahwa, Madrasah Aliyah Al Hidayah Donowarih Karangploso Malang telah melakukan penciptaan suasana religius untuk menumbuhkan perilaku terpuji siswa, walaupun masih terdapat penataan dan penambahan mengenai kekurangan-kekurangan yang ada. Penciptaan suasana religius tersebut akan lebih berjalan lancar dengan adanya kerjasama guru dengan orangtua dan juga didukungnya fasilitas yang memadai sehingga dengan adanya susana religius siswa mampu menumbuhkan perilaku yang terpuji baik di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Marno, Marno
Keywords: Penciptaan; Suasana Religius; Perilaku Terpuji
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 15 Aug 2016 09:00
Last Modified: 15 Aug 2016 09:00
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4490

Actions (login required)

View Item View Item