Karimah, Rizqon (2009) Hubungan antara Adversity Quotient dengan prestasi belajar pada siswa SMP 1 Negeri Malang program Akselerasi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05410054.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (865kB) |
Abstract
ABSTRAK
Siswa akselerasi menghadapi banyak tantangan dan kesulitan yang harus dihadapi. Kesulitan tersebut berupa waktu bersosialisasi yang terbatas dan harapan yang kurang realistis.Siswa akselerasi juga dituntut untuk senantiasa mempunyai prestasi belajar yang memuaskan, baik dalam lingkungan sekoah ataaupun di luar lingkungan sekolah. Menyikapi kompleksitas permasalahAn dan kesulitan yang harus dihadapi, kecerdasan intelektual (IQ) yang dimiliki siswa akselerasi belum dapat menjadi jaminan bagi keberhasilan hidupnya. Adversity Quotient menurut Stolzt dinilai sebagai prediktor terhadap kesuksesan, karena mampu memperbaiki kemauan respon seseorang terhadap kesulitan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat adversity quotient, dan prestasi belajar serta hubungan antara adversity quotient dengan prestasi belajar pada siswa SMP program akselerasi. Metode pengumpulan data yang digunakan melalui angket dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini 44 siswa akselerasi yang terdiri dari 24 siswa kelas VII dan 20 siswa kelas IX. Dengan menggunakan analisis product moment dari 40 aitem diperoleh 29 aitem shahih dan 11 aitem gugur.
Hasil analisis penelitian menunjukkan 39 siswa (88,6%) berada dalam kategori adversity quotient tinggi, dan 5 siswa (11,4%) berada dalam kategori yang memilki adversity quotient sedang.Untuk prestasi belajar pada siswa kelas VIII diperoleh 4 siswa (16,67%) berda dalam kategori prestasi belajar tinggi, 16 siswa (66,67%) kategori sedang, dan 4 siswa (16,67%) berada dalam kategori prestasi belajar rendah. Sedangkan pada siswa kelas IX diperoleh 3 siswa (15%) kategori tinggi, 14 siswa (70%) berada dalam kategori sedang dan 3 siswa (15%) memilki prestasi belajar yang rendah.
Berdasarkan uji korelasi diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,048 dengan p = 0,759 (p<0.05), hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian ini ditolak, dan mempunyai hubungan sebesar 4,8%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ardani, Tristiadi Ardi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | adversity quotient; prestasi beajar; akselerasi | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 15:06 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 15:06 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44889 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |