Ningsih, Suryani (2009) Hubungan Brand Image (citra merek) dengan Minat membeli Konsumen Pelembab Pond’s White Beauty pada Mahasiswa Psikologi Uin Maulana Malik Ibrahim angkatan 2008. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05410049.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Pada Era globalisasi seperti sekarang ini persaingan dengan peranan sentral yang berupa harga ternyata tidak menguntungkan perusahaan dalam jangka panjang, maka dalam hal ini penting bagi perusahaan untuk mengembangkan keunggulan kompetitif berkelanjutan yang berlandaskan pada persaingan non-harga. Salah satu cara untuk meraih keunggulan kompetitif berkelanjutan adalah dengan membentuk brand image (citra merek) yang baik dimata konsumen. Sehingga timbul minat untuk membeli dibenak para konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara Brand Image (Citra Merek) dengan minat membeli konsumen produk pelembab Pond’s White Beauty pada mahasiswa Fakultas Psikologi angkatan 2008 UIN Malang
Hal ini sangat menarik bagi peneliti dikarenakan minat membeli konsumen sangat menunjang sekali dalam meningkatkan brand image (citra merek) sebuah produk. Tinggi rendahnya minat konsumen dalam membeli dipengaruhi oleh empat faktor, yaitu motif rasional, motif emosional, pribadi dan psikologis. Keberhasilan untuk mencapai tujuan perusahaan tidak hanya berjalan dengan mudah tetapi perlu adanya usaha yang keras dalam meningkatkan minat beli konsumen. Selain itu yang perlu diperhatikan adalah faktor-faktor yang mendukung adanya minat membeli konsumen tersebut yaitu brand image (citra merek).
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah adanya hubungan positif antara minat membeli konsumen dengan brand image (citra merek) pelembab Pond’s White Beauty, instrument yang dipakai dalam mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket, jenis penelitian ini adalah penelitian sample karena subjek lebih dari seratus dan pengambilan subjek penelitian diambil secara acak sebanyak 50 mahasiswa Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang angkatan 2008.
Penelitian ini menggunakan analisis korelasi produk moment dari Karl Pearson. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat brand image (citra merek) tinggi 8%, sedang 68%, rendah 24%. Untuk minat membeli konsumen diperoleh prosentase tinggi 8%, sedang 54%, rendah 38%. Korelasi antara variable adalah rxy = 0,455 yang berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima bahwa terdapat hubungan yang positif antara minat membeli konsumen dengan brand image (citra merek) pelembab Pond’s White Beauty. Dimana apabila semakin tinggi minat konsumen dalam membeli maka akan semakin tinggi pula brand image dari pelembab Pond’s White Beauty.
ABSTRACT
Recently, the central role of price competition gives no long-term benefit for the company. Therefore, it is required for the company to improve the continuous competitive quality based on non-price competition. It can be done by creating a good brand image among the consumers in order to emerge buying interest on consumers.
This study aims to know the Pond’s White Beauty lotion’s brand image among Psychology students of UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 2008, the buying interest of these students, and the correlation between the brand image and consumer’s buying interest of Pond’s White Beauty lotion on Psychology students of UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 2008.
It is quite interesting for the researcher since the consumer’s buying interest significantly supports the enhancement of brand image of a particular product. The degree of consumer’s interest in buying a product is influenced by four factors that are rational, emotional, personal, and psychological motives. The achievement in gaining the company goal cannot be easily obtained. It needs a hard effort to increase the consumer’s buying interest. In addition, some factors that support consumer’s buying interest must also be considered, one of which is brand image.
The hypothesis proposed in this study is the positive relationship between consumers’ buying interest and brand image of Pond’s White Beauty lotion. The instrument used in this study is questioners. This study is sampling study since the subject consists of more than a hundred subjects. Furthermore, the 50 samples Psychology students of UIN Maulana Malik Ibrahim Malang 2008 were taken randomly.
This study used moment product correlation analysis of Karl Pearson. The result of the study showed that the brand image degree was 8% high, 68% medium, and 24% low. While the presentation of consumer’s buying interest was 8% high, 54% medium, and 38% low. The inter-variable correlation was rxy = 0.455. It proved the hypothesis of this study that there is positive correlation between the consumers’ buying interest and brand image of Pond’s White Beauty lotion; in which the higher consumer’s buying interest is, the higher brand image of Pond’s White Beauty lotion.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Irawan, Andik Rony | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Minat Membeli Konsumen; Brand Image (Citra Merek); Consumer buying interest; Brand Image | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 15:06 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 15:06 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44879 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |