Wahyudi, Fajar Eka (2011) Analisis pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan pemanfaatan jasa Konsultasi pendidikan luar negeri di Dk Science & Learning Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05610072.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (852kB) |
Abstract
ABSTRAK
Keputusan dalam memilih jasa merupakan proses yang sangat panjang. Pada dasarnya keputusan untuk melakukan selalu muncul dan diawali oleh adanya rasa ingin tahu akan kebutuhan terhadap suatu produk yang disediakan oleh penyedia jasa tersebut. Beberapa dari faktor yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian dapat dikendalikan oleh penjual, tetapi beberapa faktor lain tidak dapat dikendalikan. Jika dilihat dari kebutuhan konsumen dapat timbul dengan sendirinya karena faktor psikologis, dan juga disebabkan karena adanya kebutuhan lain yang bersifat tersembunyi yang akan muncul apabila didorong oleh faktor budaya, kelas sosial, kelompok referensi dan keluarga. Dengan kata lain keputusan pembelian suatu produk baik barang maupun jasa disebabkan karena pengaruh faktor-faktor eksternal dan internal.
Adanya faktor eksternal dan internal yang mempengaruhi sebuah keputusan pembelian, dalam hal ini keputusan penggunaan layanan konsultasi pendidikan luar negeri, maka konsumen akan memiliki persepsi sendiri dalam menentukan keputusan produk dari jasa ini dan mana yang akan dipilih untuk digunakan. American Marketing Association mendefinisikan perilaku konsumen (consumer behavior) sebagai “ Interaksi dinamis antara pengaruh dan kognisi, perilaku dan kejadian sekitar kita dimana manusia melakukan aspek pertukaran dalam hidup mereka. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory atau penelitian uji hipotesis dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang membeli jasa DK scince & learning Malang, Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan menggunakan metode accidental sampling sebesar 100 responden. Metode pengumpul data menggunakan kuesioner, interview/wawancara, dan dokumentasi.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel kebudayaan, kelas sosial, kelompok referensi, keluarga, motivasi, persepsi, pengalaman belajar, kepribadian dan konsep diri, dan sikap secara simultan berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk pemanfaatan jasa. Dari nilai koefisien regresi dapat diketahui bahwa diantara sembilan variabel bebas yakni kebudayaan (X1), kelas sosial (X2), kelompok referensi (X3), keluarga (X4), motivasi (X5), persepsi (X6), pengalaman belajar (X7), kepribadian dan konsep diri (X8), dan sikap (X9), dan yang dominan mempengaruhi keputusan konsumen untuk menggunakan jasa DK Science & Learning adalah variabel kelompok referensi. Variabel X3 berpengaruh dan signifikan dengan ditunjukkan t hitung sebesar 5,659 > t tabel sebesar 1,990 dan angka signifikan < 0,05.
ABSTRACT
The decision process prior choosing a service needs some considerations. Basically, the decision to choose is preceded by the curiosity of the need for a product that is provided by the service provider. Some of the factors that can influence the purchase decision can be controlled by the seller, but several other factors cannot be controlled. It is not only because of psychological factors that consumers decide to buy, but also due to other needs that are hsidden that will appear when driven by cultural factors, social class, reference groups and family. In other words a product purchasing decisions is based on the influence of external and internal factors.
The factors influencing a purchasing decision, in this case decision to use overseas education consultancy services, consumers will have their own perception of the product decisions of these services and which ones would be selected to use. The American Marketing Association defines the behavior of consumers (the consumer behavior) as "dynamic interaction between the effect and cognition, behavior and events around us where people do exchange aspects of their lives. The method used is an explanatory research or research hypothesis testing with quantitative approach. Population in this research are the consumers who use services of DK science & Learning Malang, sampling techniques used is by using the method of accidental sampling of 100 respondents. Methods of collecting data use questionnaires, interview / interviews, and documentation.
The test results showed that the variables of culture, social class, reference groups, family, motivation, perception, learning experience, personality and self- concept, and attitudes simultaneously affect the consumer's decision to use services. From the regression, coefficient value of can be seen that among the nine independent variables namely culture (X1), social class (X2), reference group (X3), family (X4), motivation (X5), perception (X6), experiential learning (X7) , personality and self-concept (X8), and attitude (X9), and a dominant influence consumers' decision to use the services of DK Science & Learning is a variable of a reference group. The variable X3 and significant influence with the indicated t count for 5.659> t table amounted to 1.990 and significant figures <0.05.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asnawi, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | perilaku konsumen; keputusan konsumen; Consumer Behavior; Decision Services | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 14:08 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 14:08 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44877 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |