Intikhobah, Iftitah (2009) Perbedaan perkembangan anak usia 24–36 bulan yang berada di Tempat Penitipan Anak (TPA) dan di rumah yang diasuh oleh pembantu rumah tangga. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05410041.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (694kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Usia dini disebut sebagai usia emas atau golden age. Masa-masa tersebut merupakan masa dimana seorang anak membutuhkan rangsangan yang tepat untuk mencapai kematangan optimal. Pada masa ini dinamakan masa kritis, dimana seorang anak membutuhkan rangsangan yang tepat untuk mencapai kematangan yang optimal. Sehingga untuk mendidik anak, lingkungan perlu ditata sehingga kondusif untuk belajar karena tidak semua masa kritis itu difasilitasi dengan baik oleh keluarga. Penataan lingkungan belajar dan fasilitas belajar anak usia dini sangat penting untuk mengembangkan aspek-aspek perkembangan anak. Disisi lain tidak semua ibu yang bekerja dapat merawat dan melindungi anak secara optimal sehingga diperlukan alternatif untuk mengantisipasi problematika pada ibu yang bekerja yaitu dengan menitipkan anak pada Tempat Penitipan Anak (TPA) atau mencari Pembantu Rumah Tangga (PRT) untuk merawat dan mengurus anak ketika Ibu sedang bekerja. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perkembangan anak usia 24 – 36 bulan yang berada di Tempat Penitipan Anak dan di rumah yang diasuh oleh Pembantu Rumah Tangga.
Penelitian ini menggunakan metode studi komparasi antara anak yang berada di TPA dan di rumah yang diasuh oleh PRT. Sampel terdiri dari 26 anak yang diantaranya terdiri dari 15 anak dari Tempat Penitipan Anak TSA “Samuphanita” dan 11 anak dari wilayah Sumber Porong Lawang Malang. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan lembar formulis VSMS dan alat tes Stanford Binet.
Setelah dilakukan analisis Mann-Whitney U Test, diperoleh nilai Uhitung (0,000) lebih kecil dari U tabel (37) Uhitung < Utabel, yaitu 0 < 37 dan nilai signifikan (P) sebesar 0,000 signifikan jika P < 0,01, maka dari hasil analisa data yang dilakukan diketahui bahwa ada perbedaan perkembangan yang signifikan antara anak usia 24 – 36 bulan yang berada di Tempat Penitipan Anak dan di rumah yang diasuh oleh Pembantu Rumah Tangga atau dengan kata lain hipotesis diterima. Penelitian ini juga menunjukkan adanya perbedaan perkembangan kognitif, perkembangan bahasa, perkembangan motorik halus, dan perkembangan perilaku sosial antara anak yang berada di TPA dan di rumah yang diasuh oleh PRT, tetapi hasil penelitian ini tidak menunjukkan perbedaan perkembangan motorik kasar antara anak yang berada di TPA dan di rumah yang diasuh oleh PRT.
ABSTRACT
An early age is called as a golden age. Those periods are a period where a child needs a right stimulation to reach an optimal maturity. In this period is called chronicle period, Where a child need to appropriate stimulating to get optimally adult. To educate a child, it needs to be set in order to be conducive for learning. The setting of learning environment and learning facility of early age children is very important, in order to develop some aspects of children development. A worker mother can not looks after and protects a child optimally, so it is needed an alternative to anticipate the problem of worker mother that is sending their children into the shelter of children or looking for a helper to look after and educate children when the mother is working. This research is aimed to understand the difference between the developments of children at the age 24-36 months which in the shelters of the children (TPA) and in the house which are looked after by the helper.
This research uses cross sectional study project, whereas research methodology uses comparison study. The sample is consist of 26 children which among of them are 15 children from TSA “Samuphanita” and 11 children from Sumber porong Lowong Malang. In taking the sample, the researcher uses purposive sampling technique. The method of collecting data is using formulir sheet VSMS and test Stanford Binet.
After doing an analysis Mann-Whitney U test, it results a value Uhit (0,000) smaller than U table (37) Uhit < Utab, that is 0 < 37 and significance value (P) 0,000 it is significance if P < 0, 01. So, from the result of data analysis that has been done, significance is known that there is a difference between the developments of children at the age 24-36 months which in the shelters of the children (TPA) and in the house which are looked after by the helper or in other word accepted hyphotesa. This research indicate difference kognitif developments, language developments, soft motoric developments, and social developments difference between the developments of children at the age 24-36 months which in the shelters of the children (TPA) and in the house which are looked after by the helper, but this research product not indicate difference motoric crude between the developments of children at the age 24-36 months which in the shelters of the children (TPA) and in the house which are looked after by the helper.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Sa'diyah, Elok Halimatus | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Perkembangan usia dini; Tempat Penitipan Anak (TPA); Pembantu Rumah Tangga (PRT); Child Development; Day Care; Children Shelters | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 15:06 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 15:06 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44870 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |