Istiqomah, Nur (2009) Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Prestasi Kerja karyawan PT. Hero Sakti Motor Cabang Suzuki Turen Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05410028.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (589kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kepuasan kerja karyawan merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan dalam usaha peningkatan kemampuan sumber daya manusia suatu organisasi. Apabila kepuasan kerja karyawan terpenuhi, maka karyawan akan cenderung memiliki motivasi dan semanga t yang tinggi dalam bekerja, sehingga karyawan memiliki prestasi kerja yang baik yang nantinya akan berpengaruh terhadap kinerja organisasi secara keseluruhan. Menyadari betapa pentingnya kepuasan kerja bagi prestasi kerja seorang karyawan sehingga tujuan organisasi dapat tercapai menjadi salah satu alasan mengapa peneliti memilih tema penelitian tentang kepuasan kerja dan prestasi kerja.
Tujuan penelitian ini adalah, (1) untuk mengetahui tingkat kepuasan kerja karyawan PT. Hero Sakti Motor Cabang Suzuki Turen-Malang, (2) untuk mengetahui tingkat prestasi kerja karyawan PT. Hero Sakti Motor Cabang Suzuki Turen-Malang, (3) untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap prestasi kerja karyawan PT. Hero Sakti Motor Cabang Suzuki Turen -Malang.
Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian ex post facto (sesudah fakta) yang ditujukan untuk melihat dan mengkaji hubungan antara dua variabel. Bentuk hubungan yang dikaji dalam penelitian ini adalah dalam bentuk pengaruh yang dinyatakan dalam pendekatan pene litian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana untuk memprediksi besarnya variasi yang terjadi pada variabel Y (prestasi kerja) berdasarkan variabel X (kepuasan kerja). Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini adalah keseluruhan ka ryawan PT. Hero Sakti Motor Cabang Suzuki Turen Malang. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner untuk mengetahui tingkat kepuasan kerja karyawan dan dokumentasi untuk mengetahui tingkat prestasi kerja karyawan.
Berdasarkan hasil pene litian, diketahui bahwa tingkat kepuasan kerja dari 10 karyawan yang dijadikan subjek penelitian, terdapat 7 karyawan dengan persentase 70% dengan kategori sedang, dan 3 karyawan dengan persentase 30% dengan kategori rendah. Sedangkan tingkat prestasi kerj a dari 10 karyawan yang dijadikan subjek penelitian, terdapat 8 karyawan dengan persentase 80% dengan kategori baik, dan 2 karyawan dengan persentase 20% dengan kategori sangat baik. Dari hasil analisis regresi linier sederhana, menunjukkan bahwa kepuasan kerja tidak bisa menjadi prediktor yang memadai terhadap prestasi kerja karyawan. Hal ini ditunjukkan oleh nilai ANOVA F(1,8) = 5,32, dengan probabilitias sebesar 0,665, dan taraf signifikansi 0,05. Sehingga F hitung (0,202) < F tabel (5,32). Artinya, hipotesis yang berbunyi “ada pengaruh kepuasan kerja terhadap prestasi kerja karyawan PT. Hero Sakti Motor Cabang Suzuki Turen Malang” ditolak.
ABSTRACT
The work satisfaction is one of important aspects that should get our attention in our effort of improving the ability of human resource in ani organization. Once the work satisfaction is fulfilled, the employees tend to have good motivation and high spirit in accomplishing their job, so they, in turn, will get good work achievement that will affect the overall organization performance. Recognizing the importance of work satisfaction for professional achievement of individual employee and in turn the accomplishment of organization objective, the researcher chooses the working satisfaction and profess ional achievement the theme of the research.
The objectives of the research are (1) to know the level of work satisfaction of employees of PT. Hero Sakti Motor, The Branch of Suzuki Turen – Malang, (2) to find out the level of professional achievement of employees of PT. Hero Sakti Motor, The Branch of Suzuki Turen –Malang, (3) to reveal the effect of work satisfaction to the employees achie vement of employees of PT. Hero Sakti Motor, The Branch of Suzuki Turen –Malang.
The research uses the research method of ex post facto (after finding the fact) that has purpose to observe and analyze the correlation between two variables. The nature of the correlation analyzed in this research is influence form that is manifested in quantitative research approach along with the simple linear regression analysis technique for getting Prediction of amount number variation that would be gotten from Y variab le (professional achievement) based on X variable (work satisfaction). The respondents of the research are the employees of PT. Hero Sakti Motor, The Branch of Suzuki Turen –Malang. The research instruments used in the research are questioner and documenta tion.
Based on the research result, it is revealed that for the level of work satisfaction from 10 respondents, 3 respondents belong to low category and it’s must be 30% and 7 respondents must be 70% belong to the average category. For the level of work a chievement, from 10 respondents, 2 respondents must be 20% belong to very good category and 8 respondents must be 80% belong to good category. From the result of the simple linear regression analysis, it shows that the work satisfaction can not be used as feasible predictor in determining the professional achievement of the employees. It is shown by the equation of ANOVA value F (1,8)=5,32,with ik m<F table (5,32). It means, “the high work achievement is affected by the high work satisfaction” is refused.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Ridho, Ali | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | kepuasan kerja; prestasi kerja; Work satisfaction; professional achievement | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 15:06 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 15:06 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44867 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |