Sari, Elok Puspita (2009) Efektivitas permainan aktif dalam meningkatkan Kecerdasan Interpersonal anak di SDN Merjosari I Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05410026.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (697kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Manusia memerlukan orang lain agar mendapatkan kehidupan yang seimbang secara sosial, emosional dan fisik. Kecerdasan interpersonal dibutuhkan karena dalam kehidupan manusia tidaklah bisa hidup sendiri. Kurangnya kecerdasan interpersonal adalah salah satu akar penyebab tingkah laku yang tidak diterima secara sosial. Anak yang memiliki kecerdasan interpersonal yang rendah nantinya cenderung tidak peka, tidak peduli, egois dan menyinggung perasaan orang lain. Kecerdasan Interpersonal adalah suatu kemampuan atau keterampilan seseorang dalam menciptakan relasi, membangun relasi dan mempertahankan relasi sosialnya sehingga kedua belah pihak berada dalam situasi saling menguntungkan, adapun indikator dari kecerdasan interpersonal adalah sosial sensitivity, sosial insight dan sosial communication. Kecerdasan yang ada pada tiap individu dapat ditingkatkan, ada beberapa keterampilan yang dibutuhkan anak agar kecerdasan interpersonal mereka meningkat yaitu salah satunya dengan menggunakan metode bermain, yaitu metode permainan aktif. Karena dunia anak adalah dunia bermain, yang mana sebagian besar interaksi antara teman sebaya selama masa kanak-kanak melibatkan permainan. Dengan jalan bermain, anak melakukan eksperimen tertentu dan bereksplorasi, dalam permainan aktif ini nantinya anak benar-benar berperan aktif dengan melibatkan berbagai aspek untuk merespon. Aspek yang terlibat yaitu aspek kognisi, fisik (psikomotor) dan afeksi (sikap). Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kecerdasan interpersonal anak dan untuk mengetahui sejauh mana keefektivitasan permainan aktif dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak.
Desain dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan metode non randomized pre test – post test control group design, yaitu merupakan desain eksperimen yang dilakukan dengan pre test sebelum perlakuan diberikan dan post test sesudahnya, sekaligus ada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Dalam eksperimen ini sampel di tetapkan dengan non random. Jumlah subyek dalam penelitian ini adalah 28 siswa, dibagi menjadi 2 kelompok 14 siswa kelompok eksperimen dan 14 siswa kelompok kontrol. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan prosentase dan Uji-t.
Hasil dari analisis dalam eksperimen ini dengan menggunakan analisa perhitungan independent sampel t-tes didapatkan nilai thitung=2,015 dan ttabel=2,06 dengan df = 26, (p=0.054) dan (p>0,05). Karena thitung<ttabel dapat dikatakan bahwa permainan aktif tidak efektif dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak. Kondisi tersebut, juga sangat mungkin dipengaruhi oleh adanya validitas internal (historis, maturasi, difusi atau imitasi perlakuan, instrumentasi, regresi statistik) dan validitas eksternal. Hasil penelitian eksperimen ini dapat dijadikan bahan pertimbangan sebagai penambahan khazanah keilmuan psikologi, bermanfaat bagi sekolah, pendidik dan orang tua dalam membantu meningkatkan kecerdasan interpersonal anak.
ABSTRACT
Unfortunately human being needs each other to make their life to be balanced socially, emotionally and physically. Human being needs interpersonal intelligence because he cannot life alone in this world. The less of interpersonal intelligence is the cause of unacceptable behavior in social. Children who have weak interpersonal intelligence is not sensitive, dispassionate, and egoist. Interpersonal intelligence is an ability or skill someone in creating relation, making relation, and defending social relation, so that both of party are in benefit situation each other. Now the indicator of interpersonal intelligence is social sensitivity, social insight, and social communication. Children’s interpersonal intelligence can be increased by many skills; one of them is using active plying method. It because playing cannot be separated by children, mostly, the interaction between the children and their friends in same-age involve the playing during childhood. By playing, the children can experiment and explore their creativities. In the active playing, children play role actively with engaging many aspects to respond. Those aspects are cognitive, psychomotor, and behavior. According to the background of the study above, the objective of this research are to know how much the children’s interpersonal intelligence can be increased and to know how far the effectiveness of active plying can increase the children’s interpersonal intelligence.
The research design is experiment by using non-randomized pre test-post test control group design method, is experiment design was conducted by pre-test before treatment is given and post-test after treatment, at once there are experiment and control group. In this experiment, sample is determined by non-random; there are 28 students as subject which divided into two groups. Those are a group of experiment which consists of 14 students and a group of control which consists of 14 students. The analysis that used on this experiment is percentage and t-test.
The result of this experiment is using the calculation analysis of independent sample t-test which taken from the value of t arithmetic = 2,015 and t table = 2, 06. And because of t arithmetic < t table, it can be concluded that there is not distinguish between active playing method and passive playing method that are given on experiment and control group, but it seemed that the value of tarithmetic= 2.015 (positive), it means that active playing method on experiment group are greater than control group. We also can see via statistical descriptive that mean of active playing on experiment group are greater than control group, is 1, 57 for experiment group and -1,21 for control group. In this case, it is influenced by internal validity (history, Maturation, diffusion or behavior imitation) and external validity. The result of this experiment can become an opinion as enriching the psychology, beneficial for school and parents in increasing children’s interpersonal intelligence.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Efektivitas; Permainan Aktif; Kecerdasan Interpersonal Anak; Effectiveness; Active Playing; Children’s Interpersonal Intellegence | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 15:06 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 15:06 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44860 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |