Pratiwi, Normalia (2010) Analisis Manajemen Kredit pemilikan rumah terhadap penurunan terjadinya Kredit bermasalah: Studi pada PT Bank Tabungan Negara cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06610113.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dari usaha PT Bank Tabungan Negara ini, yang menjadi keunggulan dari bank ini adalah KPR yang di mana memberikan pendapatan sebesar 75% dari 100%. Asetnya besar dan stabil, likuiditasnya kecil. Sehingga keunggulan dari BTN ini sendiri adalah Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan manajemen kredit pemilikan rumah yang dijalankan PT. BTN mendeskripsikan upaya-upaya yang di terapkan di BTN untuk menurunkan terjadinya kredit bermasalah melalui manajemen kredit yang efektif .
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis deskriptif, data yang dikumpulkan adalah data primer dan sekunder, dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis menggunakan 3 tahapan; mendeskripsikan manajemen kredit pemilikan rumah, menganalisis manajemen kredit yang diterapkan BTN, menganalisis upaya yang dilakukan oleh manajemen kredit pemilikan rumah dalam menurunkan terjadinya kredit bermasalah dari melihat kolektibility kredit PT Bank Tabungan Negara .
Hasil analisis yang diperoleh data bahwa manajemen yang digunakan BTN dalam mengelola kreditny adalah manajemen kredit di antaranya yaitu perencanaan kredit, pengorganisasian, pelaksanaan kredit dan pengamanan kredit upaya manajemen kredit yang digunakan BTN adalah memacu kredit pemilikan rumah yang disalurkan ke nasabah, pengguna daftar analisis umur piutang, melakukan peringatan I,II,III, melaksanakan penagihan langsung dan mengadakan seleksi pada nasabah dengan penilaian analisis 5C dan rekomendasi dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengendalian. Di lihat dari kolektibility pada tahun 2007-2009 mengalami penurunan yaitu pada tahun 2007 sebesar 24,40%, mengalami penurunan pada tahun 2008 sebesar 13,80% dan pada tahun 2009 menjadi turun sebesar 8,37%.
ABSTRACT
The most beneficial devision in the business at State Savings Bank Branch in Malang is mortgage which gives a revenue of 75% out of 100%. Mortgage it self has large and stable asset and small liquidity. The purpose of this study is to describe the mortgage management application that is applied at PT BTN by describing the efforts in implementing the BTN to reduce the occurrence of non performing loans through an effective credit management.
The method used in this study is a qualitative descriptive, The date collection is of primary and secondary data, Through interview techniques and documentation. In analysis processing there are three stages; describing the mortgage management, credit management that is applied to analyze the BTN, and analyzing the efforts made by the management of mortgage loans to decrease loan problems by which credit collectibility of within BTN can be used to see to general issue
The result shows that management used in managing credit BTN is a credit management including credit namely planning, organizing, implementing and securing credit loan. On of the credit management efforts at BTN is mortgage loans extended to consumers, users with loan problem. The load problem it self can be solved throughout made the warning I, II ,and III, implement and direct billing to the customer. Also, strict selection of applicant of the mortgage with 5C with assessments analysis and recommendations from the planning, organizing, executing, and controlling. In farms of collectability point of view from 2007 to 2009 the mortgage decreased for such periods, such as in 2007 around to 24.40%, decreased in the year in 2008 wit to 13.80% and in 2009 with 8.37%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Alamsyah, Ahmad Fahrudin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Manajemen Kredit; Penurunan; Kredit Bermasalah; Credit Management; Decrease; Non Performing Loans | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 13:29 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 13:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44840 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |