Jinan, M. Riyadin (2010) Analisis pengaruh Ekuitas Merek Produk Notebook Axioo terhadap keputusan pembelian konsumen: Survey di Distributor Notebook Axioo cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06610111.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK
Suatu merek memiliki ekuitas merek yang kuat atau lemah diindikasikan oleh kesadaran merek (brand awareness), asosiasi merek (brand asociation), persepsi kualitas (perceived quality), loyalitas merek (brand loyalty) dan aset-aset lain seperti paten, trademark dan hubungan dengan perantara. Dalam hal ini Axioo Mitra Perkasa Computer Cabang Malang merupakat sebuah perusahaan yang bergerak dibidang barang notebook yang mana hasil survey menunjukkan walau secara penjualan Axioo sudah menduduki posisi tiga besar, namun untuk top of mind‚ masih menduduki ranking ke sembilan. Walau dibandingkan tahun tahun sebelumnya hal ini sudah merupakan peningkatan yang luar biasa.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif, dalam pengumpulan data menggunakan pendekatan jumlah sampel 100 dari 20 item yang ada dengan menggunakan metode Maholtra yakni setiap item bisa diwakili 4-5 responden dan ini sudah dikatakan valid. Pada penelitian ini variabel bebasnya terdiri kesadaran merek, asosiasi merek, presepsi kualitas, loyalitas merek. sedangka variabel terikatnya keputusan pembelian konsumen. Pengujian instrument menggunakan uji validitas reliabelitas dan uji asumsi klasik. Sedangkan metode analisis data menggunakan regesi linier dan koefisien korelasi berganda.
Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel bebas X berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Dari hasil nilai sig untuk masing-masing variabel, baik variabel x maupun variabel y berada di atas nilai alpha (0,05). Sehingga terjadi penerimaan H0 dan penolakan H1. Maka dapat disimpulkan seluruh koefisien signifikan terhadap model. Dan nilai Pearson Corelation diketahui bernilai > 0,05. sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan antar tiap variabel x dan y di atas sangatlah kuat. Sehingga perubahan nilai dari masing masing variabel akan membuat perubahan pada nilai variabel lain. Dan Sesuai dengan persamaan regresi linier berganda, yaitu Y = 1,251 + 0,225x1 + 0,288x2 + 0,338x3 + 0,007x4 maka besarnya pengaruh variabel kesadaran merk (x1) sebesar 0,225 %, pengaruh variabel asosiasi merk (x2) sebesar 0,288 %, variabel persepsi kualitas sebesar 0,338 %, dan variabel loyalitas merk (x4) sebesar 0,007 %. Jadi pada intinya bahwa variabel x sangat berpengaruh tehadap keputusan pembelian konsumen.
ABSTRACT
Whether brand has strong brand equity or weak brand equity has been influenced by several indicators, such as brand awareness, brand association, perceived quality, brand loyalty and other assets such as patents, trademark and relationships with intermediaries. In this case Axioo Computer Mitra Perkasa Malang branch has been engaged in notebook products. In addition the survey of sales shows that Axioo is among , altough for top of mind Axioo is at still ranking ninth. Compared to previous years this year has a remarkable improvement.
This study is quantitative research methods. Data collection empalys a sample of 100 from 20 items using Maholtra method of by which each item can be represented by 4-5 respondents and this was considered valid. In this study free variables consists of brand awareness, brand associations, perceived quality, brand loyalty. Bound variable are consumer purchasing decisions. Testing includes test the validity, reliability classic and assumptions classic. While the method of data analysis used linear and regression of correlation coefficient multiple the top three rangking.
The results showed that the independent variable X has a significant effect on consumer purchasing decisions. The results of signification value for each variable, both variables x and variable y is above the alpha value (0.05), resulting in acceptance of H0 and H1 rejection. It can be concluded that the coefficients are significant throughout this model. Pearson Corelation value is > 0.05, so that it can be concluded that the relationship between each variable x and y is very strong. So that changes in the value of each variable will make changes in the value of another variable. And In accordance with a multiple linear regression equation, ie Y = 1.251 + 0.225 x1 + 0.288 x2 + 0.338 x3 + 0.007 x4 the influence of brand awareness (x1) is of 0.225%, the influence of brand associations variable (x2) is of 0.288%, the variable perceived quality is of 0.338%, and the brand loyalt y variable (x4) of 0.007%. So in essence, variable x has a significant effet an consumer purchasing decisions.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masyhuri, Masyhuri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Ekuitas merek; Pembelian konsumen; Brand equity; consumer purchase | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 13:29 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 13:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44833 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |