Vini, Nur Laila Dia (2008) Pengaruh tingkat penghasilan keluarga terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa Kelas X SMA Islam Kepanjen. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03110259.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (873kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA:
Penghasilan keluarga merupakan salah satu faktor terpenting untuk meningkatkan prestasi siswa. Sebaliknya siswa-siswi akan mempunyai prestasi yang baik jika hal ini didukung oleh sarana dan prasarana belajar yang memadai oleh karena itu tingkat penghasilan keluarga dan prestasi belajar saling mempengaruh satu sama lain dalam proses belajar mengajar. Prestasi belajar tidak lepas dari beberapa faktor baik faktor internal dan eksternal. Pada umumnya siswa – siswi yang memiliki prestasi belajar yang tinggi berasal dari kalangan keluarga berpenghasilan yang rendah, dari prestasi yang dimiliki tersebut, ia dapat bersosialisasi dengan teman-temannya yang mempunyai tingkat penghasilan keluarga yang jauh lebih tinggi, sehingga ia tidak merasa minder dengan penghasilan yang dihasilkan oleh orang tuanya. Hal ini bertolak belakang dengan realita yang terjadi pada siswa – siswi kelas X SMA Islam Kepanjen, mayoritas siswa yang berprestasi baik adalah dari kalangan keluarga yang berpenghasilan tinggi.
Berangkat dari latar belakang tersebut maka diperoleh rumusan masalah yaitu (1) bagaimana kondisi tingkat penghasilan keluarga siswa kelas X SMA Islam Kepanjen, (2) bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X SMA Islam Kepanjen, dan (3) apakah ada pengaruh antara tingkat penghasilan keluarga terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X SMA Islam Kepanjen. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kondisi tingkat penghasilan keluarga siswa kelas X SMA Islam Kepanjen, bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X SMA Islam Kepanjen, apa ada pengaruh dan tidaknya antara tingkat penghasilan keluarga terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas X SMA Islam Kepanjen. Berpijak pada rumusan masalah dan tujuan penulisan, penulis mempunyai ketertarikan untuk menganalisa permasalahan tersebut dan mengaplikasikannya ke dalam bentuk skripsi dengan judul Pengaruh Tingkat Penghasilan Keluarga terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMA Islam Kepanjen.
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Maka, dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode kuesioner/angket, wawancara/interview, dokumentasi dan observasi. Dalam metode kuisoner/angket dapat diperoleh data penghasilan setiap orang tua tiap siswa, dan metode wawancara/interview untuk memperoleh data yang menunjang gambaran obyek penelitian, metode dokumentasi tersebut dapat diambil data tingkat penghasilan orang tua tiap siswa serta metode observasi digunakan untuk melihat kondisi sekolah yang akan diteliti. Sedangkan untuk analisisnya menggunakan analisis prosentase yaitu untuk mengetahui kondisi penghasilan keluarga dan prestasi belajar, sedangkan analisis chi kuadrat digunakan untuk mengetahui apakah ada pengaruh tingkat penghasilan keluarga dan prestasi belajar siswa kelas X SMA Islam Kepanjen. Penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas X SMA Islam Kepanjen. pengambilan sampel dengan tehnik sampling acak (random sampling) dari populasi berjumlah 227 siswa diambil 25% yaitu 162 siswa sebagai sampel. Dan untuk mempercepat perhitungan maka penulis menggunakan bantuan komputer program SPSS versi 11.00.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh tingkat penghasilan keluarga siswa kelas X SMA Islam Kepanjen berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada responden sebanyak 162 orang siswa rata-rata berada pada kategori tinggi. Hal ini ditunjukkan dengan nilai kategori tinggi yaitu distribusi frekuensi 87 siswa sebesar 53.7% berpenghasilan sangat tinggi, distribusi frekuensi 34 siswa sebesar 21% berpenghasilan tinggi, distribusi frekuensi 18 siswa sebesar 11.1% berpenghasilan sedang, distribusi frekuensi 10 siswa sebesar 6.2% berpenghasilan rendah, distribusi frekuensi 13 siswa sebesar 8% berpenghasilan sangat rendah. Sedangkan tingkat prestasi belajar siswa kelas X SMA Islam Kepanjen secara garis besar berada pada tingkat kategori tinggi yaitu distribusi frekuensi 72 siswa sebesar 44.4% dengan kategori tinggi, distribusi frekuensi 65 siswa sebesar 40.1% dengan kategori sedang, serta distribusi frekuensi 25 siswa sebesar 15.4% dengan kategori rendah. Berdasarkan hasil analisis data bahwa Ha diterima yaitu adanya pengaruh positif atau signifikan (rhitung 19.275 > rtabel 15.507) antara tingkat penghasilan keluarga terhadap prestasi belajar.
Peneliti menyarankan atau mengharapkan pihak sekolah hendaknya membantu dan memotivasi siswa untuk mencapai keberhasilan didalam studinya dan janganlah keadaan dijadikan sebagai penghambat untuk menggapai cita-cita Penulis berharap diadakan penelitian lanjut dengan sampel yang lebih besar dengan tujuan hasil yang akan diperoleh lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Baharuddin, Baharuddin | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Tingkat Penghasilan Keluarga; Prestasi Belajar | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2016 14:16 | ||||||
Last Modified: | 15 Aug 2016 14:16 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4478 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |