Zuhri, Saifuddin (2009) Transformasi belajar sosial dalam pertunjukan Seni Tari Topeng Malang Sanggar Asmorobangun. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
04210002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Belajar merupakan proses perubahan dari suatu kondisi perilaku manusia menuju kualitas perilaku yang lebih baik. Proses belajar tersebut bisa terjadi melalui interaksi manusia sebagai subyek aktif dengan elemen entitas di luar dirinya, yaitu lingkungan. Salah satu obyek belajar manusia adalah media kesenian.
Sebuah karya seni yang menjadi obyek penelitian ini adalah seni tari topeng Malang. Kesenian daerah ini memiliki banyak potensi sebagai sumber belajar layaknya karya seni lainnya yang sarat akan pesan implisit yang bisa dimaknai dalam tiap segmennya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis di mana proses pengumpulan data dengan sistem wawancara dan observasi selama kurang lebih 2 tahun. Jumlah subyek primer adalah 2 orang dan selebihnya sebagai subyek sekunder yang memperkuat data yang telah didapat. Selain itu pelaksanaan observasi dilakukan pada hasil kesenian masa lalu yang disinyalir masih memiliki hubungan erat dengan obyek penelitian.
Dari hasil penelitian yang telah dihimpun dari lapangan didapatkan fakta yang menunjukkan bahwa para penonton yang menyaksikan proses pertunjukan bisa memaknai beberapa pesan yang diselipkan dalam suatu naskah. Dalam perilaku sehari-harinya ditemukan beberapa perilaku sebagai pengaruh belajar dari pertunjukan tari topeng, seperti halnya pola pikir, sikap dan labelisasi atribut tari topeng pada elemen kebudayaan di tempat penonton hidup.
ABSTRACT
Learning is a human resource development from a certain condition to another better quality. It would be happened if the human as an active subject interact with their environment, that is entity beside them. One kind of the environment formed in art..
A performance of art which become the object of this research is tari topeng Malang (traditional mask dance of Malang) show. This tradtional art has many learning object as same as another art performance that has many implicit message in its segments.
This research is using qualitative method and phenomelogic approachment, that is the which the assembling procees of data use interview and observational way in 2 years approximately. The content of primary subject are two person and the others are become the secondary subject which emphasize the datas got. Besides, the observation is also done to the ancient art result that is suspected have a conduction with the research object.
During the research process, the result which is assembled shows many facts that the spectators of this performance are able to explain the messages that is included in it on their daily activities. The facts tell us the impacts which can be seen from their behaviours, attitudes, paradigms and also attributs labellization on their culture elements in the environment they live.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mahpur, Mohammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Transformasi; Belajar; Seni Tari | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 10:21 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 10:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44758 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |