Kharomah, Isti (2009) Hubungan antara Motivasi Belajar dengan prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Matholi’ul Anwar Karanggeneng Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03410077.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Motivasi belajar merupakan hal terpenting dalam meningkatkan daya tarik siswa dalam belajar, sebab dalam proses belajar mengajar siswa dan guru mempunyai peranan penting dalam membangkitkan motivasi dalam diri siswa agar semakin aktif belajar. Ada dua jenis motivasi, yakni motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik, ialah motivasi atau dorongan serta gairah yang timbul dari dalam diri siswa itu sendiri, misalnya rasa ingin tahu, keinginan berpresasi, keinginan diterima orang lain, keinginan untuk bekerja sama serta keinginan untuk masuk sekolah. Motivasi ekstrinsik mengacu kepada faktor- faktor luar yang turut mendorong munculnya gairah belajar, seperti ingin mendapat pujian, hadiah, persaingan, hukuman dan penghargaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman tingkat motivasi belajar, prestasi belajar, dan mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas II di MA. Matholi’ul Anwar Karanggeneng Lamongan. Penelitian ini mengambil subyek 66 responden. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan metode pengumpulan data menggunakan metode angket.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa tingkat motivasi belajar siswa MA. Matholi’ul Anwar Karanggeneng Lamongan berada pada kategori tinggi sebanyak 34 siswa atau 51.1%. Pada ketegori rendah didapatkan sebanyak 8 siswa atau 12.1 %. Pada ketegori sedang didapatkan sebanyak 24 siswa atau 36.4%. Tingkat Prestasi belajar siswa kelas II MA. Matholi’ul Anwar Karenggeneng Lamongan didapatkan sebanyak 22 siswa atau 33.3% berada pada kategori rendah. 39 siswa atau 59.1% berada pada tingkat sedang. 5 siswa atau 7.6% berada pada tingkat tinggi. Hal tersebut berdasarkan nilai rhit 0.914. dari tabel di atas dapat diketahui bahwa nilai N adalah 66 dan nilai rtabel adalah 0.000. Dikatakan signifikan atau mempunyai hubungan apabila r hitung lebih besar dari r tabel. Dengan taraf signifikansi 5% r hitung dari hasil korelasi di atas memiliki nilai nilai rhit 0.914 > nilai rtabel 0.000, berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Semakin tinggi tingkat motivasi belajar, semakin tinggi pula tingkat prestasi belajar siswa.
ABSTRACT
Learning motivation is an important thing to improve student’s will in a process of study. In fact, study without motivation can make students bored faster. Because of this case, students should be supported by pleasant conditions, humble teachers, and high motivation in order that they can understand the lessons well. They are two kinds of motivations, internal motivation and external motivation. Internal motivation is a motivation which appears from student himself, such as willing to know, willing to get achievement, willing to cooperate, willing to come into school, etc. External motivation is a motivation which appears from surrounding influence, such as willing to get reward, willing to get prize, willing to compete, etc.
The goal of this research is to know the grade of student’s learning motivation, the result of study, and the correlation between student's learning motivations with the result of study in MA. Matholi’ul Anwar Karanggeneng Lamongan. This research uses quantitative method and includes 66 students as subject.
Based on this research, the grade of student’s learning motivation MA. Matholi’ul Anwar Karanggeneng Lamongan indicates that : High, 51.1%. Middle, 12.1 %. Low, 36.4%. While the grade of the result of study MA. Matholi’ul Anwar Karenggeneng Lamongan, indicates that: High7.6%. Middle, 59.1%. Low, 33.3%. Those result based on the rhit 0.914. From this analysis, can be found the significant correlation between students’s learning motivation with the result of study.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mulyadi, Mulyadi | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Motivasi belajar dan Prestasi belajar siswa; Learning motivation and the result of study | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 10:21 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 10:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44753 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |