Laila, Nurul (2008) Analisis faktor Psikografis terhadap keputusan pembelian: Survei pada produk daging sapi olahan dalam kemasan berlabel Halal di Hypermart Malang Town Square. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03220126.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Ketatnya persaingan bisnis industri makanan menuntut perusahaan untuk lebih mengetahui hakhak konsumen, yaitu meningkatkan produkproduk makanan yang bermutu dan aman. Salah satu hak konsumen itu adalah adanya informasi label halal pada produk daging sapi olahan dalam kemasan. Untuk mengetahui berapa besar pengaruh label halal, maka digunakan analisis faktor psikografis dengan cara mengunjungi calon konsumennya. Psikografis adalah analisis gaya hidup atau riset AIO adalah suatu bentuk riset konsumen yang memberikan profil yang jelas dan praktis mengenai segmensegmen konsumen, tentang aspekaspek kepribadian konsumen yang penting, motif belinya, minatnya, sikapnya, keyakinannya, dan nilainilai yang dianutnya. Hypermart adalah salah satu ritel yang memiliki area yang sangat luas yang menjual berbagai macam produk daging olahan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana analisis faktor psikografis yang terdiri dari aktivitas (X1), minat (X2), opini (X3) dan label halal (Z) terhadap keputusan pembelian (Y).
Jenis penelitian ini adalah survei dengan pendekatan deskriptif analisis. Jumlah sampel sebanyak 55 responden yang diperoleh dari lima kali sub variabel, yaitu 5 x 11, sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji F dan uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel aktivitas (X1), minat (X2), opini (X3) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian (Y). Dan untuk uji t diketahui bahwa secara parsial variabel aktivitas (X1), minat (X2), opini (X3)mempunyai pengaruh signifikan pula terhadap keputusan pembelian (Y).
ABSTRACT
The serious business competition among food companies demands the needs to know the rights of customers, namely by selling good quality and safe products to them. One of the customers’ rights is knowing the information concerning the “Halal” label on cookedbeef packages. To know the influence of the label, this study uses psychographic factor analysis by visiting the customers. A psychographic analysis is an analysis of life style or AIO research, it refers to a study of consumers which aims at describing the clear and practical profile related to some consumers aspects, such as important consumers’ personality factors, motives of purchasing, interest, attitude, belief, and values or views they have. Hypermart is a supermarket having a wide area for various kinds of cookedbeef products. This study is aimed at knowing the extent to which the analysis of psychographic factors consisting of activities (X1), interest (X2), opinion (X3), and “Halal” label (Z) affects customers’ decision of purchasing (Y).
This study is a survey using descriptive analysis approach. There are 55 respondents used as the sample of this study obtained from five times of subvariable, namely 5 x 11, and by using accidental sampling technique. The techniques of data collection used in this study are questionnaire, interview, and documentation. The instruments are done using validity and reliability testing. The methods of data analysis of this study are tested using doubled linear regression method with F and t tests.
The results of the study show that the variables of activities (X1), interest (X2), opinion (X3), simultaneously give a significant influence in decision of purchasing (Y). From the t test, it is known that partially the variables activities (X1), interest (X2), opinion (X3) give a significant too in customers’ decision of purchasing (Y).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rozi, M. Fatkhur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Psikografis; Keputusan Pembelian; Psychographic; purchasing decision | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 17 Jan 2023 11:29 | ||||||
Last Modified: | 17 Jan 2023 11:29 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44752 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |