Fathoni, Muhammad Anas (2009) Hubungan Persepsi Iklan kartu seluler dengan Loyalitas Konsumen pengguna Kartu IM3: Studi pada Mahasiswa Psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang tahun 2008 / 2009. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
02410097.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Dalam era informasi seperti sekarang ini, usaha untuk memperoleh suatu jenis barang yang akan di beli dan digunakan bukan sesuatu yang sulit. Terlebih hampir semua kota-kota besar sampai desa-desa sudah mengalami publikasi madia cetak maupun elektronik melalui berbagai iklan yang sifatnya promosi.
Pada saat sekarang ini, yang dianggap tepat oleh produsen dalam memperkenalkan barang hasil produksinya adalah memasang iklan diberbagai media cetak maupun elektronik. Dari iklan yang telah dipublikasikan melalui media cetak maupun elektronik sehingga mampu menciptakan persepsi iklan yang positif sehingga mampu menarik loyalitas konsumen pengguna. Persaingan iklan-iklan dimedia cetak atau elektronik sangat gencar karena media dapat memberikan manfaat dan memberikan informasi yang sangat efektif serta dapat dinikmati oleh konsumen.
Dari pemaparan diatas dapat ditarik rumusan masalah yaitu: yang pertama bagaimana persepsi iklan kartu seluler pada mahasisiwa psikologi UIN Maulana malik Ibrahim Malang tahun 2008/2009, yang kedua bagaimana loyalitas konsumen pengguna IM3 pada mahasiswa psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, yang ketiga mengkaji ada dan tidaknya hubungan antara persepsi iklan dengan loyalitas konsumen pengguna kartu IM3 pada mahasiswa psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Persepsi iklan terbentuk berdasarkan informasi yang kita terima dan informasi tersebut sampaikan lewat media cetak maupun elektronik kemudian dilihat dan dinilai dengan penilaian masing-masing individu. Loyalitas konsumen pengguna merupakan hal yang penting dalam memahami terhadap perilaku konsumen, sebab loyalitas konsumen adalah kesetiaan pelanggan pada produk/barang. Pada fenomena yang terjadi penelitian tertarik untuk mengkaji lebih lanjut sebab dari banyaknya iklan yang telah ditanyangkan dimedia baik cetak maupun elektronik, kemudian dari iklan perang harga, konsumen dapat diuntungkan dan konsumen menjadi loyal terhadap barang tersebut, persepsi iklan juga mampu untuk membujuk para mahasiswa khususnya dan salah satu satu produk tersebut adalah kartu IM3.
Penelitian ini terdapat dua variable yaitu bebas adalah persepsi iklan sedangkan variable terikat adalah loyalitas konsumen. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dilakukan dengan metode sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket untuk persepsi iklan terhadap loyalitas konsumen pengguna kartu IM3 pada mahasiswa psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Untuk pengujian kualitas alat ukur digunakan Product Moment yang kemudian dikorelasikan dengan menguji validitas dan Alpha Cronbarch untuk menguji reliabilitas aitem angket.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata mahasiswa psikologi UIN Malang 2008/2009 memliki tingkat persepsi iklan dan loyalitas kartu IM3 diketahui juga korelasi antara dua variable rxy =0,846 yang berarti hipotesis dalam penelitiuan ini diterima bahwa terdapat hubungan yang positif antara persepsi iklan terhadap loyalitas konsumen IM3 pada mahasiswa psikologi UIN Malang. Yang artinya bahwa semakin melihat tayangan iklan dimedia cetak maupun elektronik maka semakin tinggi pula loyalitas konsumen pengguna IM3. Hal ini diasumsikan bahwa responden dalam mengisi data dengan teliti, responden antusias saat mengisi data dan pengumpulan data ujian berlangsung.
ABSTRACT
In this global era, an attempt to get something people want to buy and to use is no longer difficult. In fact, almost all villages and, let alone, cities have already got exposed to both printed and electronic media through many kinds of advertisements particularly designed for promotion.
Nowadays, what producers consider the most appropriate means of introducing their products is advertising them in some printed and electronic media. By so doing, it can establish such a positive perception in the consumers’ mind that it can attract their loyalty in using the products. Competitions among advertisements in mass media are inevitable. It is owing to the fact that advertisements give benefits as well as effective information to the consumers.
From the brief explanation above, a statement of the problem can be formulated: first, how is the advertisement perception of cellular card towards students of psychology of State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim in 2008/2009; second, how is the loyalty of the consumers using IM3 towards students of psychology of State Islamic University (UIN) of Maulana Malik Ibrahim; third, analyzing whether there is a relation between the advertisement perception and the loyalty of the consumers using IM3 towards students of psychology of State Islamic University of Maulana Malik Ibrahim.
An advertisement perception is formed based on some information we get. The information is sent through printed and electronic media and valued by each individual who sees it. The loyalty of the consumers who use it is important in understanding the consumers’ behavior. It is simply because consumers’ loyalty is the loyalty of the customers towards a certain product. This research is interested in analyzing further the causes of why there are a number of advertisements put in both printed and electronic media. In addition, from price competition consumers get benefits and they become loyal to the product, advertisement perception can also persuade students particularly and one of the products is IM3 card.
This research involves two variables: free variable namely advertisement perception and bound variable namely consumers’ loyalty. The sample of the research was psychology students of UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. It employs sampling method. Instrument used was questionnaire for advertisement perception towards the loyalty of consumers’ or users of IM3 cards in psychology students of UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. To test the quality, Product Moment was used and then correlated by testing the validity. Cronbach Alpha was employed in order to test the reliability of the questionnaire.
The result of the research showed that students of psychology of UIN Malang 2008/2009 at average had advertisement perception and loyalty towards IM3 card. It was also found out that the correlation between the two variables rxy =0,846 which means the hypothesis saying that there is a positive correlation between the advertisement perception towards the loyalty of the IM3 consumers in students of psychology of UIN Malang was accepted. It further means that the more they see the advertisements in printed and electronic media, the higher their loyalty. It was assumed that respondents filled in the data carefully, they were also enthusiastic in filling in the data during the data collection.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Irawan, Andik Rony | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Persepsi Iklan; Loyalitas Konsumen; Advrtisement Perception; Consumers’ Loyalty | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 17 Jan 2023 11:21 | ||||||
Last Modified: | 17 Jan 2023 11:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44735 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |