Rohmah, Nuzulatul (2008) “Pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan berwisata: Studi pada objek Wisata Bahari Lamongan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03220119.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (12MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu upaya pemerintah untuk mendapatkan devisa dalam pembangunan adalah mengalakkan sektor pariwisata. Untuk itu banyak obyek pariwisata di setiap kota terus membenai obyek wisata di daerah masing-masing untuk mengatasi ketertinggalan, dan berusaha menarik investor dan wisatawan. Mengingat tingginya tingkat persaingan dalam dunia pariwisata, sehingga objek wisata Tanjung Kodok kini telah berubah wajah menjadi salah satu objek wisata andalan di Jawa Timuryang sekarang lebih dikenal dengan sebutan Wisata Bahari Lamongan atau Jawa Timur Park 2. Dari perubahan itu Wisata Bahari Lamongan juga benar-benar memperhatikan perilaku konsumennya. Karena konsumen banyak sekali kebutuhan, dari kebutuhan tersebut maka konsumen akan memotivasi dirinya untuk memenuhi kebutuhannya itu. Karena mengingat konsumen selalu berinteraksi dengan lingkungannya, maka dalam sikap dan tingkah laku konsumen berdampak pada semakin hati- hatinya konsumen dalam mengambil suatu keputusan dalam berwisata.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory. Penelitisn ini dilakukan terhadap 60 orang responden pengunjung Wisata Bahari Lamongan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Simple random sampling. Tekinik analisis data yang digunakan yakini (1) uji validitas dan reabilitas dari item-item kuesioner, (2) uji regresi linier berganda. kemudian model regresi tersebut dilakukan pengujian hipotesis yakni secara simultan (uji F), secara persial (uji t) dan variabel yang dominan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan klausal antara Perilaku Konsumen dan keputusan berwisata melalui pengujian hipotesis.
Berdasarkan pengujian hipotesis diperoleh bahwa secara simultan variabel perilaku konsumen mempunyai pengaruh terhadap keputusan berwisata sebesar 10,275. Dan jika dilihat dari Adjused R Square yakni sebesar 38,6%, sedangkan berdasarkan uji t (secara persial) komponen variabel perilaku konsumen yang mempengaruhi keputusan berwisata adalah faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis..Dilihat dari koefisien regresi B maka dapat disimpulkan bahwa komponen variabel perilaku konsumen yang dominan mempengaruhi keputusan berwisata adalah variabel faktor sosial yakni sebesar 0,693.
ABSTRACT
Reviving tourism sector is one of the government efforts to obtain foreign exchange. Because of that, there are many tourism places in each town to keep on fixing tourism places in each area to overcome to be left behind. It is also to obtain investors and tourists. Considering the high of the level competition in tourism sector, “ Tanjung Kodok” tourism objects has changed to be one of the main tourism objects in East Java, and then it is called as Lamongan Maritim tour or The East Java Park II. From those changes, Lamongan Maritim tourism has already given a charm services to the consumers. Due to the consumers have many needs, from those needs the consumers will motivate themselves to fulfill those needs. Besides, the consumers always interact with their environment, therefore the acts and attitudes of the costumers influence their decision to choose tourism places.
This research is designed by using explanatory approach. This study is done toward 60 people as respondents, they are the tourists of Lamongan Maritim tourism. The technique of getting sample used Simple Random Sampling. The techniques of the data analysis used are 1) Validity and reliability testing from the questionnaire items, 2) Double Linier of regression testing. Then, the regression model is done hypothesis testing, that is simultaneously (Testing F), Partially (Testing T), and the dominant variable. Besides, this research aims to explain the relationship between Consumers attitudes and tourism decision through hypothesis testing.
Based on hypothesis testing, it is obtained that the variable of consumers’ attitude simultaneously influenced the decision of making a tour about 10,275. If it is seen from adjusted R Square about 38,6 %, meanwhile based on testing t (partially) the component of consumers attitude variablewhich influence the decision to make tour are cultural, social, individual, psychological aspect. Based on the coefficient regression B, it can be concluded that the component of the dominant consumers attitude variable which influence the decision to make a tour is social aspect variable about 0,693.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Al Idrus, Salim | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pengaruh Perilaku Konsumen; Keputusan Berwisata; The influence of Consumers Attitude; the decision of making a tour | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 17 Jan 2023 11:28 | ||||||
Last Modified: | 17 Jan 2023 11:28 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44734 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
![]() |
View Item |