Responsive Banner

Inovasi Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 02 Batu

Sumarti, Sumarti (2008) Inovasi Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional siswa di SMA Negeri 02 Batu. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img] Text (Fulltext)
04110057.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (777kB)

Abstract

INDONESIA:

Diantara penyebab dunia pendidikan kurang mampu menghasilkan lulusannya yang diharapkan adalah karena dunia pendidikan saat ini hanya membina kecerdasan intelektual, wawasan dan ketrampilan semata, tanpa diimbangi dengan membina kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritualnya. Untuk menjawab hal tersebut Inovasi Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Kecerdasan Spiritual dan Emosional Siswa adalah hal yang sangat tepat dan penting untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan agar mencapai out put yang berkualitas, juga sangatlah penting untuk dunia pendidikan Islam dan untuk kelangsungan hidup siswa ketika terjun dalam masyarakat. Namun dalam hal inovasi pembelajaran pendidikan agama Islam ini tentu tidak akan mulus begitu saja dalam pelaksanaannya, dalam prosesnya pasti akan mengalami banyak permasalahan. Masalah tersebut bisa berasal dari peserta didik, pendidik, media pembelajaran, waktu dan lingkungan.

Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis mengadakan penelitian dengan judul Inovasi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 02 Batu Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual dan Emosional Siswa. Dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 02 Batu?. 2. Bagaimana kondisi kecerdasan spiritual dan emosional siswa di SMA Negeri 02 Batu sebelum dan sesudah dilakukan inovasi?. 3. Inovasi apa saja yang telah dilakukan dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 02 Batu untuk meningkatkan kecerdasan spiritual dan emosional siswa?

Adapun tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui kondisi pendidikan agama Islam di SMA Negeri 02 Batu, untuk mengetahui kondisi pendidikan agama Islam di SMA Negeri 02 Batu sebelum dan sesudah dilakukan inovasi dan untuk mengetahui hasil inovasi pendidikan agama Islam di SMA Negeri 02 Batu dalam meningkatkan kecerdasan spiritual dan emosional siswa. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah Metode Observasi, Metode Interview (wawancara) dan Metode Dokumentasi. Sedangkan analisis data penulis menggunakan analisis deskriptif kualitatif.

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis, dapat diperoleh kesimpulan bahwa Pelaksanaan pembelajaran pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 02 Batu sudah cukup baik. Hal ini didasarkan pada pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 02 Batu yang dilaksnakan dengan terencana melaui desain pengembangan silabus dan pemilihan metode yang tepat untuk pembelajarannya. Selain didasarkan pada hal tersebut dapat dilihat juga dengan pengadaan kegiatan-kegiatan keagamaan seperti shalat jum’at wajib disekolah untuk siswa muslim, dan keputrian untuk siswi muslim, sunatan massal, maulid Nabi, shalat dhuha dan BTQ yang rutin dilakukan di SMA Negeri 02 Batu. Kondisi kecerdasan spiritual dan emosional siswa di SMA Negeri 02 Batu sebelum dilakukan inovasi sangat rendah, hal ini terbukti dari perilku siswa yang kurang terpuji dan tingkat kesadaran siswa untuk melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan masih sangat kurang seperti misalnya masih enggannya siswa dalam melakukan kegiatan-kegiatan keagamaan. Siswa cenderung lari dan bersembunyi dari kegiatan–kegiatan tersebut namun sesudah dilakukan inovasi banyak sekali mengalami peningkatan. Siswa menjadi banyak memahami ilmu agama, gemar dalam melakukan kegiatan keagamaan tanpa ada paksaan dan berperilaku terpuji dalam kehidupan sehari-hari. Inovasi yang telah dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional siswa adalah media pembelajaran yang disesuaikan dengan metode yang dipakai.

Adapun saran-saran dari penulis untuk SMAN 02 Batu adalah sebagai berikut: lebih ditingkatkan lagi pelaksanaan kegiatan-kegiatan keagamaannya dengan perhatian yang lebih intensif, penyediaan media pembelajaran yang lebih baik agar proses pembelajaran menjadi lebih baik lagi, bagi para guru pembimbing yang berasal dari pendidikan umum semestinya mau belajar lebih banyak lagi tentang ilmu agama islam, bagi para peserta didik semestinya mau maningkatkan lagi kesadarannya dan mau melaksanakan atau menerapkan ilmu yang telah didapatkannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Sjahid, M.
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDSjahid, M.UNSPECIFIED
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratih Novitasari
Date Deposited: 15 Aug 2016 14:13
Last Modified: 15 Aug 2016 14:13
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4473

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item