Uyun, Nur (2010) Analisis Manajemen pembiayaan dana Talangan Haji pada PT. Bank Syariah Mandiri cabang Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06610082.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (804kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Bank merupakan lembaga keuangan yang merespon kebutuhan masyarakat dalam berbagai produknya, termasuk pengurusan haji dan dana talangan pelunasan BPIH. PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Malang merupakan salah satu bank syariah penerima setoran BPIH. Bank menfasilitasi dana talangan haji bagi nasabah calon jamaah haji yang kekurangan dana BPIH dan memperoleh seat/porsi haji, untuk itu maka perlu manajemen pembiayaan dana talangan haji yang efektif sehingga bank mampu memberikan dana talangan dan nasabah mendapatkan porsi haji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen pembiayaan dana talangan haji pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Malang membantu nasabah calon jamaah haji menutupi kekurangan dana dan memperoleh seat/porsi haji secara cepat, serta mengetahui prinsip penyaluran dana (akad) pembiayaan dana talangan haji yang dijalankan PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Malang
Dengan melihat permasalah penelitian, maka metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Untuk pengumpulan data yaitu data primer dan data sekunder dengan teknik studi kepustakaan, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya model analisis data adalah data reduksi, data display dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil analisis disimpulkan bahwa manajemen pembiayaan dana talangan haji PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Malang mampu dan efektif dalam membantu nasabah (calon jamaah haji). Untuk menghindari permasalahan pembiayaan dengan prinsip 6 C’s analysis. Faktor selain itu, dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Prinsip penyaluran dana (akad) pembiayaan dana talangan haji PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Malang menggunakan akad qardh dan akad ijarah. Bank mengambil keuntungan dari penggunaan akad ijarah, dengan mengambil upah jasa (fee ujroh). Untuk pembayaran upah jasa (fee ujroh) harus berdasarkan jumlah akad qardh atau pinjaman nasabah. Batas waktu perlunasan maksimal 1 tahun atau sampai sebelum keberangkatan haji. Jumlah nasabah dana talangan haji BSM Cabang Malang untuk per maret 2010 dari kantor cabang 9.080, dari kantor kas Kepanjen 673, dan kantor kas Batu 442.
ABSTRACT
Banks are financial institutions that responds to community needs in a variety of products, including the management of the pilgrimage and settled BPIH bailouts. PT. Bank Syariah Mandiri Branch Malang is one of Islamic bank deposit BPIH recipient it. Facilitates bank bailouts of hajj pilgrims to customers who lack the funds, it is necessary for the effective management of that bank to be able to advance funds and gave the customers a portion of the pilgrimage. This study aimed to find out how to finance bailouts of hajj management at PT. Bank Syariah Mandiri Branch Malang helps customers pilgrims cover the shortage of funds and obtained a seat / share pilgrimage quickly, and know the principles of distribution of funds (contract) bailout financing hajj run PT. Bank Syariah Mandiri Branch Malang.
Looking at the problems of research, the method used was qualitative research with a descriptive approach. For data collecting primary data and secondary data I used literature techniques, interview and documentation. Furthermore, the data analysis models are data reduction, data display and conclusion.
From the analysis. I conclude that the management of Hajj bailout financing of Bank Syariah Mandiri Branch Malang is capable and effective in helping clients (pilgrims). To avoid problem’s The Bank Applied the financing of six C's analysis principles. The other factors are planning, organizing, implementation and oversight, principle of distribution of funds (contract) bailout financing hajj PT. Bank Syariah Mandiri Branch Malang and will use the contract qard and ijarah. Bank takes advantage from the use of ijarah contract, by taking the wages of service (free fee). For wage payments services (free fee) should be based on the amount of the contract or loan qard customers. The deadline for payment of a maximum of one year or until just before the departure of the pilgrimage. The number of pilgrims BSM customers bailout Branch Malang for a march in 2010 than 9080 branch offices, from the cash office Kepanjen 673, 442
Stone and cash offices.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Djalaluddin, Ahmad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pembiayaan; dana talangan haji; akad qardh; akad ijarah; Funding; the finance of gutter hajj; Qardh covenant; ijarah Covenant | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 17 Jan 2023 11:27 | ||||||
Last Modified: | 17 Jan 2023 11:27 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44728 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |