Responsive Banner

Pengaruh Marketing Mix terhadap keputusan pemilihan Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris EF English First Malang

Nugroho, Mohammad Lutfi (2008) Pengaruh Marketing Mix terhadap keputusan pemilihan Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris EF English First Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
03220104.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Dengan berkembangnya lembaga pendidikan bahasa Inggris di kota Malang, membuat manajemen dari tiap lembaga tersebut berupaya menarik minat konsumennya untuk masuk kedalam lembaga yang mereka pimpin sehingga tujuan perusahaan/lembaga tercapai. Dalam strategi pemasaran, salah satu dari variabel yang dapat dikontrol oleh perusahaan adalah bauran pemasaran (marketing mix), yaitu kombinasi dari berbagai variabel pemasaran yang dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang diinginkan dalam penjualan jasa.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survey. Jumlah sampel sebanyak 100, sedangkan pengambilan sampel menggunakan sampel acak sederhana. Variabel bebasnya terdiri dari produk (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6) dan bukti fisik (X7) dan variabel terikatnya pemilihan EF English First(Y). Pengujian instrumen menggunakan uji validitas, reliabilitas dan uji asumsi klasik. Sedangkan metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji F dan uji t.

Hasil perhitungan pada pengujian simultan diperoleh bahwa F hitung (31,363) > dari F table (2,09), sedangkan signifikansi (0,000) < dari alpha pada taraf 5% atau 0,05. Artinya variabel bebas (X) berpengaruh secara simultan terhadap variabel terikat (Y). Sedangkan untuk Koefisien determinan (Adjusted R Square) sebesar 0,705 atau 70,5%. Berdasarkan hasil pengujian secara parsial variabel produk (X1) memiliki nilai t hitung X1 2,320 > t tabel 1,980, (X1) berpengaruh secara parsial, variabel harga (X2 didapat t hitung X2 0,745 < t tabel 1,980. Variabel harga (X2) tidak berpengaruh secara parsial, variabel tempat (X3)didapat t hitung X3 2,336 < t tabel 1,980, variabel tempat (X3) berpengaruh secara parsial, variabel promosi (X4) didapat t hitung X4 3,498 < t tabel 1,980. variabel promosi (X4) berpengaruh secara parsial, variabel orang (X5) didapat t hitung X5 1,865 < t tabel 1,980, variabel orang (X5) tidak berpengaruh secara parsial variabel proses (X6) didapat t hitung X6 0,221 < t tabel 1,980. Variabel proses (X6) tidak berpengaruh secara parsial variabel bukti fisik (X7) didapat t hitung X7 0,745 < t tabel 1,980. variabel bukti fisik (X7 tidak berpengaruh secara parsial. Variabel dominan dalam penelitian ini adalah Variabel (X4) Promosi.

ABSTRACT

The Growth of English education institute in Malang town makes management of each the institute cope to draw its consumer enthusiasm to enter into the institute which they lead so that they achieve the target of company. In marketing strategy, one of the variable which is able to controlled by company is marketing mix. It is combination from various variable marketing which can be controlled by company to yield comments which is wanted in sale of service.

This research represents quantitative research with approach of survey. Amount of sampel counted 100, while intake of sampel use random sample modestly. Free variable consist of product ( X1), price (X2), place ( X3), promotion ( X4), people ( X5), process ( X6) and physical evidence ( X7) and tied variable of election of EF English First(Y). Test instrument use validity, reliabilitas and classic assumption test. While the method to analyze the data use multiple linear regretion with F test and t test.

Results of calculation examination of simultan obtained that F count (31,363) > from F table (2,09), while significancy (0,000) < from alpha level 5% or 0,05. Means free variable (X) has an effect simultanly to tied variable (Y). While for the Coefficient of determinant (Adjusted R Square) equal to 0,705 or 70,5%. Pursuant to result of examination by partial product variable (X1) has value of t count X1 2,320 > t tables of 1,980, (X1) have an effect partially, price variable (X2) got t count X2 0,745 < t tables of 1,980. Price variable (X2) do not have an effect partially, place variable (X3) got t count X3 2,336 < t tables of 1,980, place variable (X3) has an effect partially, promotion variable (X4) got t count X4 3,498 < t tables of 1,980. Promotion variable (X4) has an effect partially, people variable (X5) got t count X5 1,865 < t tables of 1,980, people variable (X5) do not have an effect partially. Variable of proses (X6) got t count X6 0,221 < t tables of 1,980. Variable of proses (X6) do not have an effect partially, physical evidence variable ( X7) got t count X7 0,745 < t tables of 1,980. Physical evidence variable (X7) do not have an effect partially. Dominant variable in this research is Variable (X4) Promotion.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Hasan, Irmayanti
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDHasan, IrmayantiUNSPECIFIED
Keywords: Marketing Mix; Keputusan Pemilihan; Marketing Mix; Elective Decision
Departement: Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen
Depositing User: Koko Prasetyo
Date Deposited: 17 Jan 2023 11:27
Last Modified: 17 Jan 2023 11:27
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44719

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item