Responsive Banner

Peningkatan pembelajaran bahasa asing (Arab-Inggris) melalui metode latihan (drill) di MTs Negeri Jabung Blitar

Yulianto, Andhi (2008) Peningkatan pembelajaran bahasa asing (Arab-Inggris) melalui metode latihan (drill) di MTs Negeri Jabung Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
03110257.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (623kB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Di era global ini bahasa sangatlah dibutuhkan, namun permasalahan yang serius yang di hadapi adalah rendahnya kualitas pembelajaran. Perbaikan pembelajaran bahasa pun harus di lakukan dan harus menggunakan suatu metode yang tepat (Drill) agar proses pembelajaran berjalan dengan baik dan menghasilkan suatu out put yang baik. Berdasarkan latar belakang ini permasalahan yang di rumuskan adalah; 1) bagaimana guru dalam meningkatakan pembelajaran bahasa asing dengan metode drill.

Dalam suatu pembelajaran perlu adanya suatu metode, Metode merupakan suatu cara yang di gunakan agar supaya anak didik dapat memahami dan mengerti semua apa yang di ajarkan dan dapat mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut.metode apapun yang di gunakan oleh seorang guru dalam proses pembelajaran.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan hasil pengolahan data yang berupa kata-kata, gambaran yang terjadi di lapangan. Kepentingan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pembelajaran bahasa asing (Arab-Inggris) dengan menggunakan metode drill dan apa saja saja factor pendukung dan penghambat metode drill. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri Jabung Blitar dengan sumber data adanya semua unsure-unsur yang terkait dengan peningkatan pembelajaran bahasa asing melalui metode drill. Tehnik pengumpulan datanya adalah: metode observasi, wawancara (interview) dan dokumentasi. Data yang di dapat di analisis secara deskriptif kualitatif dengan teknik refresing thingking yaitu mengkombinasi cara berfikir induktif dan deduktif. Teknik untuk mengetahui validitas data adalah dengan mengadakan trianggulasi, menggunakan refrensi dan member cek.

Hasil penelitian ini adalah perencanaan pembelajaranbahsa asing melalui metode drill di MTs Negeri Jabung Blitar lebih menekankan pada pembelajaran aktif, kreatif, inovatif dan komunikatif dalam kegiatan pembelajarannya. Media yang di gunakan antara lain : buku bahasa asing (arab-inggris), LKS bahasa asing (arab-inggris), perpustakaan dan lab bahasa. Evaluasinya dengan tulis, tes lisan, tugas kelompok, ulangan harian, ulangan blok yang dilakukan pada tengah dan akhir semester, kehadiran dan keaktifan siswa untuk mengikuti pelajaran, perhatian, keseriusan, dan motivasi siswa untuk mengikuti pelajaran, kreatifitas dalam bertanya,menjawab dan mengemukakan pendapat dan berargumentasi serta kemampuan untuk berkomunikasi.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peningkatan pembelajaran bahasa asing melalui metode drill sudah sangat baik, dan diharapkan nantinya out put yang di hasilkan pun juga baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Masduki, Masduki
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDMasduki, MasdukiUNSPECIFIED
Keywords: Peningkatan Pembelajaran Bahasa Asing; Metode Drill (latihan)
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 15 Aug 2016 14:16
Last Modified: 15 Aug 2016 14:16
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4467

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item