Pramita, Dwi (2010) Komunikasi dalam aktivitas Bisnis dalam Perspektif Etika Islam: Studi kasus pada Perusahaan Home Industri Sandal “TOYOSIMA” Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06610065.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Bisnis merupakan serangkaian peristiwa yang melibatkan pelaku bisnis, terkait dengan komunikasi organisasi dalam persaingan yang ketika etika difahami sebagai seperangkat prinsip moral yang benar maka pengelolaan bisnispun menjadi profesional. Dengan semakin tingginya kualitas komunikasi yang menyangkut nilai-nilai kebenaran, kesederhanaan, kebaikan, kejujuran, integritas, keadilan, keshahihan pesan dan sumber, akan menjadi aspek penting dalam komunikasi. banyak perusahaan mengalami kebuntuan komunikasi. Manajemen puncak kadang membentangkan jarak terhadap karyawan. Komunikasi sering berjalan satu arah. Padahal komunikasi merupakan salah satu kunci sukses menggalang harmonisasi antara manajemen dan karyawan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisisnya menggunakan analisis studi kasus karena pada penelitian ini penulis menggambarkan situasi kehidupan nyata yang kontemporer yakni etika komunikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perusahaan sandal TOYOSIMA Malang dalam melaksanakan kegiatan bisnisnya sangat mengedepankan dan menerapkan etika komunikasi. Hal ini dapat dibuktikan dalam komunitas perilaku lingkungan perusahaan home industri sandal TOYOSIMA dalam berkomunikasi. Hal ini ditunjukkan dalam kejujuran berkomunikasi, tanggungjawab, ketepatan fakta dan kritik konstruktif yang ini semua dijalankan dalam rangka untuk suistable perusahaanya.Sedangkan kiat-kiat yang dilakukan perusahaan home industri sandal TOYOSIMA dalam menjaga harmonisasi hubungan komunikasi dengan cara menyelaraskan komunikasi dengan mau mendengar satu sama lain.
ABSTRACT
Business is a series of events involving business people, related to organizational communication in a competition that when the ethics is understood as a set of correct moral principles, the business management will be professional. With the high quality of communication that involves the values of truth, simplicity, kindness, honesty, integrity, fairness, validity of message and source, will become the important aspect of communication. Many companies are experiencing communication deadlock. The top of management sometimes stretches the distance to the employee. The communication often runs in one direction. In fact the communication is one of keys to success in raising harmony between management and employees.
This study is a descriptive study by using qualitative approach. The data used are primary and secondary data, with data collecting technique that are interview, observation, and documentation. While the analysis method uses a case study analysis because in this study the researcher describe the contemporary situation of a real life that is communication ethics.
The result of this study showed that the TOYOSIMA sandals company Malang in conducting its business activities is put fordward and implement a communication ethics. This can be proved in the community of corporate environmental behavior TOYOSIMA sandal home industry in communicating. This is demonstrated in communicating honesty, responsibility, accuracy of fact and constructive criticism are all executed in order to suistable his company. While the tips are made by company sandals TOYOSIMA home industry in maintaining the harmonization of communication link is by aligning communication by willing to hear are another.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Djakfar, Muhammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Komunikasi Islam; Etika; Islamic Communication; Ethics | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 17 Jan 2023 11:30 | ||||||
Last Modified: | 17 Jan 2023 11:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44664 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |