Erisando, Amma Wahyuntya (2009) Studi kelayakan implementasi Teknologi Informasi melalui E-Banking sebagai sistem pembayaran di PDAM Kota Batu: Studi pada peningkatan Kualitas Pelayanan bagi Pelanggan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
04610043.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (701kB) |
Abstract
ABSTRAK
Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi menjadi sangat penting diera globalisasi sekarang ini, karena dapat menembus jarak yang jauh bahkan melampaui batas negara sekalipun. Pada saat ini telah berkembang dengan pesat dengan apa yang dinamakan Electronic Banking (E-Banking) sebagai implementasi penggunaan teknologi informasi. Program rencana pelayanan pembayaran tagihan rekening PDAM Kota Batu melalui E-Banking Bank merupakan wujud dari kreatifitas dan inovasi PDAM Kota Batu dalam hal pelayanan, dan merupakan rancangan upaya strategis perusahaan untuk meningkatkan kualitas pelayanan melalui tekhnologi informasi, sehingga dalam pemberian layanan, pelanggan tidak kecewa disebabkan proses dan prosedur yang berbelit-belit dan berada dalam antrian yang panjang, karena dengan adanya inovasi baru pelayanan diharapkan menjadi cepat dan tepat.
Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif, dengan pendekatan kualitatif, data yang digunakan adalah data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi, sedangkan metode analisis datanya menggunakan analisis deskriptif, karena pada penelitian ini penulis mendiskripsikan Studi Kelayakan Implementasi Teknologi Informasi melalui E-Banking.
Hasil penelitian, menunjukkan bahwa implementasi E-Banking sebagai salah satu sistem pembayaran di PDAM Kota Batu merupakan suatu inovasi dalam memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Penerapan implementasi tersebut didasarkan atas pemikiran peningkatan pelayanan kepada para pelanggan, mempermudah pembayaran sehingga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja terutama bagi para pelanggan yang berdomisili diluar Kota Batu seperti para pemilik vila peristirahatan. Akan tetapi para pelanggan memberikan respon negatif dari implementasi tersebut, karena para pelanggan menganggap pelayanan yang ada saat ini telah cukup baik. Disamping itu pelanggan juga tidak faham dan bingung dengan sistem internet dan menganggapnya sulit.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asnawi, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | E-Banking; Sistem Pembayaran; | ||||||
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment |
||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Adi Sucipto | ||||||
Date Deposited: | 17 Jan 2023 11:30 | ||||||
Last Modified: | 17 Jan 2023 11:30 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44662 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |