Suseno, Acsan (2009) Hubungan antara Strategi Coping stres dengan tingkat stres siswa-siswi Akselerasi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
05410100.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Kelas akselerasi merupakan program percepatan belajar yang diselenggarakan secara khusus bagi siswa yang mempunyai kecerdasan yang tinggi dan mempunyai kemampuan lebih, sehingga dapat menyelesaikan studinya dalam waktu lebih cepat dari waktu yang telah ditetapkan untuk jenjang pendidikan yang sama. Kelas akselerasi mempunyai dua sisi yakni positif dan negatif, positif apabila siswa mampu dan bisa menjalani semua proses dalam program percepatan ini baik segi akademis dan non akademis, sedangkan sisi negatifnya apabila siswa tidak bisa menyesuaikan diri dengan program tersebut, siswa merasa jenuh dengan banyaknya kegiatan dan tugas, sehingga dapat memunculkan stres, dan untuk mengurangi stress tersebut siswa-siswi akselerasi menggunakan strategi coping. Faktor yang mempengaruhi tingkat stres salah satunya adalah strategi coping. Strategi coping merupakan salah satu cara mengurangi tekanan yang dihadapi oleh individu ketika mengalami stres. Strategi coping ini ada dua yaitu problem focused coping dan emotion focused coping. Dalam hal ini siswa-siswi akselerasi mempunyai variasi masing-masing dalam memecahkan masalah.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antar strategi coping dengan tingkat stres siswa-siswi akselerasi SMA N 1 Malang, untuk mengetahui strategi coping apa yang dipakai oleh siswa akselerasi dan seberapa tingkat stres pada siswa-siswi akselarasi SMAN 1 Malang.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan menggunakan teknik korelasi product moment untuk menguji hubungan antara strategi coping dengan tingkat stres. Sebelumnya untuk mengkategorisasikan strategi coping dilakukan dengan melihat skor z nya, sedangkan kategorisasi tingkat stres digunakan mean dan standar deviasi. Adapun subyek penelitian adalah seluruh siswa-siswi akselerasi sejumlah 65 anak.
Hasil penelitian menunjukkan sejumlah 52.3% siswa tergolong dalam kelompok problem focused coping, adapun problem-focused coping dengan tingkat stres; Tinggi 0= 0% sedang 30 orang 88,2% dan rendah 4 orang 11, 8%. Sedangkan 47.7% tergolong dalam kelompok emotion focused coping, adapun problem-focused coping dengan tingkat stres; tinggi 3 orang 9,7%, sedang 23 orang 74,2% dan rendah 5 orang 16,1%.. Di sisi lain dalam tingkat stres menunjukkan 4.61% tergolong tinggi, 81.53% tergolong sedang dan 13.84% tergolong rendah. Hasil analisis menunjukan terdapat hubungan yang signifikan antara problem focused coping dengan tingkat stress yakni rxy = 0,467, p = 0,000, dan terdapat hubungan yang signifikan pula antara emotion focused coping dengan tingkat stress yakni rxy = 0,553, p = 0,000.
ABSTRACT
Acceleration class is learning acceleration program which is used for the student, especially who have high intelligent and more ability, so can finish the study more quickly than the involving time for the same step of education. There are positive and negative effects of acceleration class. The positive effect is if the students be able to do the process in this acceleration either in academic or non academic, whereas, the negative effect is if the students can’t adapted to this program, the students will feel bored with many activities and assignments, because of those stress appear, and to decrease the stress, acceleration students use coping strategies. One of the factors which influence level of stress is coping strategies. Coping strategies is one of method to decrease a pressure that happens to a person when gets a stress. Coping strategies consist of Problem Focused Coping and Emotion Focused Coping. In this case, the acceleration students have variation to solve the problem.
The purpose of the research is to identify the correlation between coping strategies with level of stress of acceleration students in Senior High School 1 Malang, to identify what the coping strategies that is use by acceleration students and how high the level of stress of acceleration students at Senior High School 1 Malang.
This research is quantitative correlation research which uses product moment correlation technique. At first, to categorize the coping strategy to use the-Z score, and to categorize the level of stress to use mean and standard of deviation. The subject of this research is all of acceleration students as many as 65 students.
The result of research shows 52.3% students use problem focused coping and the level of stress that consist of; 0%=0 person is high level, 88,2%=30 person are average level and 11,8%= 4 person are low level, whereas, 47.7% use emotion focused coping and the level of stress that consist of; 9,7%= 3 person are high level, 74,2%= 23 person are average level and 16,1%= 5 person are low level. On the other side, level of stress shows 4.61% which are high level, 81.53% are average and 13.84% are low level. The result of analyze shows there are significant correlation between problem focused coping and the level of stress is rxy = 0,467, p = 0,000, emotional focused stress and the level of stress is rxy = 0,553, p = 0,000.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Rahayu, Iin Tri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi Coping; Tingkat Stres; Coping Strategies; Level of Stress | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 17 Jan 2023 11:21 | ||||||
Last Modified: | 17 Jan 2023 11:21 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44653 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |