Iftitah, Yumrotul (2010) Evaluasi pelaksanaan Sistem dan Prosedur pelunasan Kredit Pensiun dalam rangka meningkatkan pengendalian Intern: Studi pada PT. Bank Tabungan Pensiunan Nasional Blitar. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06610057.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
Peranan kredit dalam operasi bank sangat besar/penting, karena sebagian besar bank masih mengandalkan sumber pendapatan utamanya dari operasi perkreditan. Maka untuk mendapatkan margin yang baik diperlukan pengelolaan pelunasan kredit yang baik dan pengendalian internal yang efektif dan efisien. Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) cabang Blitar merupakan salah satu lembaga keuangan bank yang berada di tengah kota Blitar dengan proses produksi utamanya merupakan jasa pemberian kredit pensiun kepada para pensiunan TNI/POLRI atau PNS dengan jaminan gaji pensiun. Sehingga sangat penting untuk menjaga kepercayaan nasabah atas kinerja BTPN Blitar dari awal saat nasabah memperoleh uang pinjaman hingga nasabah menyelesaikan pinjamannya. Untuk itulah dibutuhkan sistem dan prosedur pengendalian intern yang memadai. Dengan sistem pengendalian intern yang memadai BTPN Blitar akan berhasil mewujudkan kegiatan utamanya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan sistem dan prosedur atas pelunasan kredit pensiun dan mengevaluasi sejauh mana keefektifan sistem pengendalian intern atas pelunasan kredit pensiun pada kantor cabang tersebut. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang diambil adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data kualitatif.
Dari hasil analisis yang telah dilakukan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa unit organisasi pada BTPN Blitar yang terkait dengan sistem dan prosedur pengendalian intern atas pelunasan kredit pensiun sudah terdapat pemisahan jobdesk yakni antara sales & marketing officer (pemberi kredit) dan loan administration (pelunasan kredit). Jelasnya pemisahan fungsi pemberi kredit dan pelunasan kredit pada setiap karyawan BTPN Blitar yang menyebabkan tegasnya pelaksanaan wewenang dalam melakukan pencatatan atas setiap transaksi yang terjadi, sehingga pelaksanaan pencatatan atas keseluruhan transaksi dapat berjalan lancar. Pelaksanaan setiap transaksi kredit pensiun pada BTPN Blitar telah menggunakan formulir dan dokumen yang sesuai guna mengetahui pengendalian seluruh asset secara tepat dan seluruh transaksi telah dicatat akurat sehingga dapat mempermudah ketika dilakukan pemeriksaan.
ABSTRACT
The role of credit in the bank's operations are very large and important, as most banks still rely on its main source of income from lending operations. So to get a good margin needed good credit repayment management and internal controls are effective and efficient. National Pension Savings Bank (the Bank 's) branch of Blitar is one of financial institutions located in the middle of the city of Blitar. Its main production process is the service credit of pension to retired army / police or civil servants with guaranteed salary pension. So it is important to maintain customer trust to the performance of BTPN Blitar, from the time they get the loans up to they pay back their loans. Therefor, it is needed the system and the adequate internal control procedures. With an adequate internal control system, BTPN Blitar will be successful in realizing its main activity.
The purpose of this study was to describe the implementation of systems and procedures for payment of pension credit and to evaluate the extent of the effectiveness of internal control system for the settlement of pension credit in the branch office. The research conducted was a qualitative research with a descriptive approach. The data was taken from primary data and secondary data. Data collection techniques in this study used observation, interviews, and documentation. Researcher uses qualitative data analysis.
From the results of the analysis conducted in this research, it can be concluded that the organizational unit in BTPN Blitar associated with internal control systems and procedures for payment of pension credit was jobdesk ie there is separation between the sales & marketing officer (the creditor) and loan administration (loan repayment) . Clearly, the separation of functions of the credit and the installment payments on each employee that cause the assertiveness of, BTPN Blitar specifically in the implementation of the authority in conducting registration of every transaction that occurs, so that the implementations of the recording of the entire transactions run smoothly. The Implementations of any pension credit transaction in BTPN Blitar have been using the appropriate forms and documents to determine precisely the control of all assets and all transactions which have been recorded accurately so as to facilitate the inspection when it is done.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Yuliana, Indah | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Sistem dan Prosedur; Kredit Pensiun; Pengendalian Intern; Systems and Procedures; Pension Credit; Internal Control | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 14:11 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 14:11 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44645 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |