Winata, Erwin Adi (2010) Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam memasarkan produk Cat Duta Paint: Studi pada CV Dharma Utama Batu Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
06610050.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Pada saat ini, persaingan di dunia bisnis semakin ketat. Tidak terkecuali dengan industri cat. Persaingan tidak hanya dialami oleh para produsen cat kelas atas atau cat dengan skala nasional, tapi juga dialami oleh produsen cat lokal. Agar dapat bertahan di tengah persaingan itu, mereka harus mempunyai strategi komunikasi pemasaran yang tepat. Di tengah persaingan dan berbagai hambatan yang harus dihadapi oleh produsen cat dalam kegiatan komunikasi pemasarannya, mereka berupaya untuk memilih strategi yang mereka anggap paling jitu. Misalnya, banyak produsen cat yang rela mengeluarkan anggaran yang besar dengan iklan durasi panjang atau dengan mendukung event-event besar. Namun tidak demikian dengan CV Dharma Utama yang lebih memilih komunikasi langsung dengan konsumen dalam strategi komunikasi pemasaran mereka.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan CV Dharma Utama dalam memasarkan cat tembok Duta Paint agar dapat menjadi cat tembok pilihan konsumen, serta bagaimana implikasi dari strategi komunikasi yang dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dari penelitian ini diperoleh dengan melakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengembangan validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi. Teknik triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi data dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum menentukan strategi komunikasi pemasarannya, CV Dharma Utama melakukan berbagai analisis, baik internal maupun eksternal. Setelah melihat berbagai pertimbangan yang mendasarinya, maka ditetapkan strategi komunikasi pemasaran yang meliputi tujuan, pelaksana, pesan, media, audiens, waktu, anggaran, dan evaluasi. Sedangkan dalam aplikasi bauran promosinya, CV Dharma Utama menggunakan elemen promosi secara terintegrasi, yang meliputi iklan, promosi penjualan, personal selling, dan hubungan masyarakat. Hal ini sesuai dengan teori dalam konsep Integrated Marketing Communication (IMC) atau Komunikasi Pemasaran Terpadu. Konsep IMC memilih elemen promosi yang sesuai dan menggabungkan beberapa elemen promosi tersebut untuk mencapai tujuan perusahaan. Meskipun CV Dharma Utama menggunakan beberapa elemen, namun ada elemen yang lebih diutamakan yaitu elemen yang memungkinkan terjadinya komunikasi dengan konsumen secara langsung seperti personal selling.
ABSTRACT
Receutly hight competition in the business world increasingly occves, including with the paint industry. Competition is not only experienced by the upper-class manufacturer of paint or paint with a national scale, but also experienced by local paint manufacturer. In order to survive in the competition, they must have a good marketing communication strategy. In the midst of competition and the various obstacles that must be faced by manufacturers of paint in its marketing communications activities, they try to choose strategies that they claim to be the most effective. For example, many paint manufacturers are willing to spend big budgets with a long duration of the ad or by supporting big events. On the soutrary CV Dharma Utama prefers direct communication with consumers in its marketing communication strategy.
The aim of this research is to illustrate how marketing communications strategy applied at CV Dharma Utama in marketing Duta wall paint to be a consumer choice, and how are the implications of the communication strategy. This reseach is qualitative descriptives. The data is collected by making interview, observation, and documentation. The validity of data in this research is carried out by triangulation techniques. The triangulation techniq are data triangulation and source triangulation.
The results showed that before determining its marketing communications strategy, CV Dharma Utama perform various analysis, both internally and externally. After seeing the various considerations underlying it, then CV Dharma Utama set the marketing communications strategy that includes objectives, implementation, message, media, audience, time, budget, and evaluation. While in the promotion of mixed application, CV Dharma Utama uses integrated campaign elements; advertising, sales promotion, personal selling, and public relations. It with the theory of Integrated Marketing Communication (IMC). The concept of IMC is by selecting the appropriate campaign elements and combines several elements to achieve campaign objectives. Although CV Dharma Utama employs some elements, but there are some elements that allow communication with the consumer directly as personal selling.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asnawi, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Strategi; Komunikasi Pemasaran Terpadu; Strategy; Integrated Marketing Communication | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 14:10 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 14:10 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44633 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |