Manajemen hubungan antara madrasah dengan masyarakat dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan: Studi sample di Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang

Mahmudah, Hurrotul (2008) Manajemen hubungan antara madrasah dengan masyarakat dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan: Studi sample di Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
03110249.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Pada dasarnya, proses penyelenggaraan pendidikan tergantung pada kualitas dan kuantitas komponen manusiawi, fasilitas, dana dan perlengkapan pendidikan. Dalam kaitan ini pengaruh tingkat partisipasi masyarakat sangat besar. Karena itulah hubungan pengaruh timbal balik antara tingkat parisipasi masyarakat dengan kualitas proses penyelenggaraan pendidikan, menuntut adanya hubungan yang harmonis antara madrasah dengan masyarakat sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan. Dalam kondisi sekarang, hampir tidak terlepas dari peran serta masyarakat. Dari hubungan keduanya merupakan suatu upaya atau cara interaksi sosial yang dilakukan oleh madrasah dengan masyarakat untuk mencapai tujuan yakni menjadikan pendidikan madrasah yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dalam dunia pendidikan persaingan mutu sangat ketat. Oleh karena itu lembaga pendidikan harus terus berusaha memenuhi harapan pelanggan yakni masyarakat. Untuk dapat mengetahui keinginan, cita-cita serta harapan masyarakat lembaga pendidikan harus selalu menjalin komunikasi serta kerjasama yang konstuktif dan efektif dengan masyarakat untuk membangun generasi yang unggul dan berkualitas. Lembaga pendidikan yang dapat memenuhi kebutuhan serta tuntutan masyarakat merupakan indikasi lembaga yang unggul. Lembaga yang menerapkan teknik-komunikasi komunikasi demi upaya meningkatkan mutu pendidikan di madrasah tentu dibutuhkan manajemen yang mengetahui dan menjalankan strategi dan tehnik-tehnik untuk menjalin hubungan dengan masyarakat.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan, serta faktor-faktor yang mendukung dan menghambat Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang dalam me-Manaj Hubungan antara Madrasah dengan Masyarakat sebagi upaya meningkatkan mutu pendidikan di madrasah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif

Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan yang dilakukan Madrasah Tsanawiyah Surya Buana Malang dalam me-Manaj hubungan antara madrasah dengan masyarakat dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di madrasah adalah dengan menerapkan: Meningkatkan kualitas pembelajaran, program dan tenaga pendidik, Memperkenalkan kreasi-kreasi siswa-siswi kepada masyarakat atau ke luar lembaga ini, Menjalin hubungan dengan orang tua siswa, Menjalin hubungan dengan lembaga pendidikan lain, Menjalin hubungan dengan instansi pemerintah maupun swasta, Menjalin hubungan dengan masyarakat pada umumnya, Memberikan dan mengambil manfa’at dari hubungan untuk menunjang kegiatan proses pembelajaran yang berkualitas. Adapun faktor pendukungnya yaitu: Semangatnya kinerja para guru terutama wakil kepala sekolah dan semua pihak yang ada di MTs Surya Buana, Intensitas pertemuan dan koordinasi yang baik antar bidang, Saling memberikan Support satu sama lain dalam mengembangkan lembaga pendidikan MTs Surya Buana. Sedangkan faktor yang menghambat dalam upaya tersebut antara lain: minimnya dana yang dimiliki oleh lembaga ini namun dengan adanya manajemn yang baik sekolah ini dapat memanfaa’tkan dana yang ada dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Djumransjah, M.
Keywords: Manajemen; Masyarakat; Madrasah; Mutu
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 15 Aug 2016 07:16
Last Modified: 15 Aug 2016 07:16
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4463

Actions (login required)

View Item View Item