Responsive Banner

Hubungan antara religiusitas terhadap prestasi belajar siswa muslim Kelas XI SMA Negeri 3 Malang

Mustafidah, Lilik (2008) Hubungan antara religiusitas terhadap prestasi belajar siswa muslim Kelas XI SMA Negeri 3 Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

[img]
Preview
Text (Fulltext)
03110247.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

INDONESIA:

Religiusitas merupakan pemikiran dan perasaan peserta didik terhadap diri sendiri untuk menentukan pengembangan diri dan tingkah lakunya dalam kehidupan beragama. Oleh karenanya religiusitas adalah suatu hal yang selayaknya dimiliki oleh seluruh peserta didik. Dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas, dinyatakan bahwa: “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan secara aktif menegmbangkan potensi dirinya untuk memiliki spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan yang dioerlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan negara.” 1 Karena itu, religiusitas memiliki peran penting dalam proses belajar mengajar agar menghasilkan hasil prestasi belajar yang diharapkan. Prestasi belajar itu sendiri merupakan salah satu tolak ukur bagi penentu keberhasilan dan kemajuan dunia pendidikan. Dengan demikian, tertanamnya nilai religiusitas pada diri siswa, tidak hanya berimplikasi pada prestasi belajarnya melainkan bagaimana siswa tumbuh dan berkembang sesuai dengan kemampuan dan potensi kepribadiannya secara optoimal, yang akhirnya mempunyai kompetensi untuk memecahkan masalah dalam kehidupan.

Berangkat dari latar belakang tersebut, maka diperoleh rumusan masalah: Pertama, bagaimana tingkat religiusitas siswa muslim kelas XI SMA Negeri 3 Malang. Kedua, bagaimana prestasi belajar siswa muslim kelas XI SMA Negeri 3 Malang. Ketiga, apakah ada hubungan antara religiusitas terhadap prestasi belajar siswa muslim kelas XI SMA Negeri 3 Malang. Adapun tujuan penelitian ini: Pertama, untuk mengetahui tingkat religiusitas siswa muslin kelas XI SMA Negeri 3 Malang. Kedua, untuk mengetahui tingkat prestasi belajar siswa muslim kelas XI SMA Negeri 3 Malang. Ketiga, untuk mengetahui hubungan antara religiusitas terhadap prestasi belajar siswa muslim kelas XI SMA Negeri 3 Malang.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, maka dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode kuisioner, interview, observasi, dan dokumentasi. Adapun untuk analisis penelitian peneliti menggunakan regresi linier berganda. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa muslim kelas XI SMA Negeri 3 Malang, adapun subyek penelitian sebanyak 160 responden.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, masing-masing variabel religiusitas (X1, X2, X3, X4, X5) signifikan dengan ditunjukkan X5 merupakan variabel X yang memiliki hubungan paling kuat dan besar terhadap variabel Y sebesar 0,671, dilanjutkan X3 sebesar 0,656, X1 sebesar 0,580, X2 sebesar 0,504, dan X4 sebesar 0,490. Kedua, Prestasi belajar akan konstan sebesar 16,559 % jika tidak dipengaruhi variabel religiusitas dan variabel prestasi belajar bisa di jelaskan oleh variabel religiusitas (X1, X2, X3, X4, X5) sebesar 91,1% dan sisanya 8,9% dijelaskan oleh variabel lain di luar persamaan model. Ketiga, masing-masing koefisien variable menunjukkan variabel religiusitas (X1, X2, X3, X4, X5) mempunyai model/hubungan yang signifikan terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil uji F dan t parsial yakni variabel X memiliki nilai F hitung 316,456 lebih besar dari F tabel 3,945 (316,456>3,945) dan nilai t hitung (6,565), lebih besar dari t tabel (1,634) dengan signifikan lebih kecil dari alpha (0,05).

Penelitian ini menunjukkan bahwa religiusitas mempunyai hubungan secara signifikan terhadap prestasi belajar siswa, maka peneliti menyarankan agar religiusitas ditanamkan pada diri siswa dan guru serta diciptakan dan diaplikasikan dalam lingkungan sekolah. Penulis berharap penelitian tidak berhenti disini akan tetapi terus berkembang atau diadakan penelitian berikutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisor: Padil, Moh
Contributors:
ContributionNameEmail
UNSPECIFIEDPadil, MohUNSPECIFIED
Keywords: Religiusitas; Prestasi Belajar
Departement: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zulaikha Zulaikha
Date Deposited: 15 Aug 2016 14:16
Last Modified: 15 Aug 2016 14:16
URI: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4461

Downloads

Downloads per month over past year

Actions (login required)

View Item View Item