Hanifah, Aminah Permata Ummu (2009) Kebermaknaan hidup pada orang tua dengan anak retardasi mental di Kota Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
05410066.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (887kB) |
Abstract
ABSTRAK
Pengalaman tragis memiliki anak dengan retardasi mental membawa orang tua, baik bapak maupun ibu, pada penghayatan tak bermakna. Perasaan-perasaan sedih, kecewa dan menyalahkan diri sendiri yang berkepanjangan, bahkan menolak keadaan anak turut mewarnai kehidupan orang tua. Hal ini menunjukkan ketidaksiapan orang tua dalam menerima kenyataan yang tidak dapat dihindari, yaitu memiliki anak dengan retardasi mental, dimana ini turut mempengaruhi kehidupan orang tua secara keseluruhan, terutama pada kebermaknaan hidupnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebermaknaan hidup orang tua, baik bapak maupun ibu, yang memiliki anak dengan retardasi mental.
Penelitian ini mengambil subjek suami-istri yang merupakan orang tua dari anak dengan retardasi mental. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Pada observasi, penelitian ini menggunakan observasi partisipan, overt (terbuka) dan alamiah. Alat observasi yang digunakan adalah anecdotal. Pada wawancara, jenis wawancara yang digunakan yaitu wawancara bebas terpimpin (semi-structured interviews).
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan narasi. Penelitian ini menuturkan kehidupan subjek dan kebermaknaan hidupnya sebagai orang tua yang memiliki anak dengan retardasi mental secara berurutan dari awal, tengah dan akhir berdasarkan data yang diperoleh. Tahap awal terfokus pada pengalaman tragis dan penghayatan tak bermakna subjek terhadap keadaan anaknya. Tahap tengah terfokus pada pemahaman diri serta penemuan makna dan tujuan hidup, termasuk cara dan proses subjek dalam mendapatkannya. Tahap akhir terfokus pada penemuan makna dan penghayatan bermakna.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua subjek mampu mengubah penghayatan tak bermakna menjadi penghayatan bermakna, tetapi pola kebermaknaan hidupnya tidak sama. Pola kebermaknaan hidup subjek 1 berawal dari pengalaman tragis yang menimbulkan penghayatan tak bermakna, lalu muncul pemahaman diri, sehingga menemukan makna dan tujuan hidupnya. Penemuan ini membawanya pada kegiatan terarah untuk memenuhi makna hidup, dan mulai terjadi pengubahan sikap.
Pola kebermaknaan hidup subjek 2 berawal dari pengalaman tragis yang menimbulkan penghayatan tak bermakna, lalu muncul pemahaman diri dan pengubahan sikap. Setelah itu, subjek 2 menemukan makna dan tujuan hidupnya dan melakukan kegiatan terarah untuk memenuhi makna dan tujuan hidupnya, serta melakukan keikatan diri berupa keyakinan dalam memenuhi makna hidupnya.
Di sisi lain, metode yang digunakan kedua subjek dalam proses menemukan makna hidup yaitu pemahaman pribadi, bertindak positif, pengakraban hubungan (dukungan sosial), pendalaman tiga nilai (nilai pengalaman, nilai penghayatan, dan nilai nilai bersikap), dan ibadah.
ABSTRACT
Tragic experience of having a child with mental retardation with the parents, both father and mother, in appreciation meaningless. The feelings of sadness, disappointment and blame themselves that prolonged, and even refused to state the child lives part of parents coloring. This shows the unpreparedness of parents in accepting the reality that can not be avoided; having a child with mental retardation, which is also influence the lives of parents as a whole, especially in the meaningfulness of parents life, both father and mother. This study aims to describe the meaningfulness of life of parents, both father and mother, who has a child with mental retardation.
This research is a subject which husband and wife are parents of children with mental retardation. Research methods used were observation and interviews. In observations, this research uses participant observation, overt and natural. Observation tool used is anecdotal. In the interview, types of interviews used the free guided interviews (semi-structured interviews).
This study uses qualitative research types with narrative approaches. This study tells the life of the subject and the significance of his life as parents of children with mental retardation in sequence from the beginning, middle and end based on the data obtained. Early stage focused on the tragic experience and no significant appreciation of the state of his subject. Focused on the middle stage of self-understanding and discovery of meaning and purpose in life, including how and the subject in it. The final stage focuses on the discovery of meaning and meaningful appreciation.
The results of this study indicate that both subjects could change the reception of the reception of a meaningless meaningful, but the pattern of their life is not the same significance. Meaningfulness of life patterns originated from first subject's tragic experience does not lead to significant appreciation then understanding of self emerged, so to find meaning and purpose of life. This discovery led to activities directed to fulfill the meaning of life, and began changing attitudes.
Meaningfulness of life patterns originated from the second subject which led to the tragic experience of meaningless reception, then emerged and changing self-understanding attitude. After that, the second subject find meaning and purpose of his life and directed activities to fulfill the meaning and purpose of life, and make his-self to self commitment in fulfilling the meaning of life.
On the other hand, the methods used both subjects in the process of finding meaning in life is personal insight, positive action, intimate relationships (social support), deepening of the three values (the value of experience, value appreciation, and value being the value), and worship.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Mahpur, Mohammad | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Makna Hidup; Retardasi Mental; Meaning of Life; Mental Retardation | ||||||
Departement: | Fakultas Psikologi > Jurusan Psikologi | ||||||
Depositing User: | Nada Auliya Sarasawitri | ||||||
Date Deposited: | 17 Jan 2023 11:21 | ||||||
Last Modified: | 27 Jun 2023 10:39 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44597 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |