Suprayogi, Singgih (2008) Pengaruh perilaku konsumen terhadap keputusan orang tua dalam memilih Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu: Studi pada SDIT Insan Permata Tunggul Wulung Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03220013.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Di Kota Malang terdapat banyak lembaga pendidikan yang memadukan pendidikan umum dengan pendidikan agama Islam. Salah satunya adalah SDIT Insan Permata, Tunggul Wulung, Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perilaku konsumen yang mendasari keputusan orang tua dalam memilih pendidikan di SDIT Insan Permata, Tunggul Wulung, Malang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian explanatory, yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Sasaran penelitian ini adalah orang tua siswa SDIT Insan Permata, Tunggul Wulung, Malang. Berdasarkan rumus Slovin, sampel yang diambil sebanyak 62 responden. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan asumsi klasik, sedangkan dalam melakukan analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan uji F dan uji T.
Dari hasil perhitungan secara simultan didapatkan nilai F sebesar 78,483 dengan signifikansi 0,000. Jadi F hitung > F tabel (78.483 > 2,38) atau Sig F < 5% (0,000 < 0,05). Artinya bahwa secara bersama-sama variabel bebas yang terdiri dari variabel motivasi, persepsi, promosi, keyakinan, harga, dan tempat berpengaruh signifikan terhadap variabel keputusan memilih. Dari perhitungan secara parsial, motivasi t hitung lebih besar t tabel (2,290 > 1,99), persepsi t hitung lebih besar t tabel (4,855 > 1,99), promosi t hitung lebih besar t tabel (7,443 > 1,99), keyakinan t hitung lebih besar t tabel (4,129 > 1,99), harga t hitung lebih besar t tabel (-19,575 > -1,99), dan tempat t hitung lebih besar t tabel (-2,225 > -1,99). Yang berpengaruh positif yakni variabel motivasi, persepsi, promosi, dan keyakinan. Sedangkan variabel harga dan tempat berpengaruh negatif.
ABSTRACT
In Malang City lies many educational institutions which combine between general and Islamic education. One of them is SDIT Insan Permata, Tunggul wulung, Malang. This research intends to investigate the influence of consumers’ attitude based on parents’ decision in choosing the institution at SDIT Insan Permata, Tunggul Wulung, Malang.
This research was designed by explanatory research, that is the research which explains causal relationship between research variable through hypothesis testing. The target of this research is students’ parent of Plus Islamic Elementary School (SDIT) Insan Permata, Tunggul Wulung, Malang. Based on Slovin’s Formula, sample which was obtained about 62 respondents. Instrument testing used validity testing, reliability testing, and classic assumption. Meanwhile in analyzing the data, the researcher used multiple linier regression by testing F and testing T.
Based on the calculation simultaneously, it was obtained that F score about 78, 483 by significance 0,000. Therefore, F estimation > F table (78.483>2,38) or Sig F<5% (0,000<0,05). It means that simultaneously free variable which contains motivation variable, perception, promotion, belief, price, and place influence significantly toward variable of choosing decision. From calculation partially, motivation t estimation is bigger than t table (2,290>1,99), perception t estimation is bigger that t table (4,855>1,99), promotion t estimation is bigger than t table (7, 443>1,99), belief t estimation is bigger than t table (4,129>1,99), price t estimation is bigger than t table (-19,575>- 1,99), and place t estimation is bigger tan t table (-2,225>-1,99). It has positive influence, that is motivation variable, perception, promotion, and belief. Meanwhile price variable and place has negative influence.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Masyhuri, Masyhuri | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Perilaku Konsumen; Keputusan Memilih; Consumers’ Attitude; Choosing Decision | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 14:33 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 14:33 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44584 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |