Mubarok, Osep Zam Zam (2008) Konsep pendidikan Islam multikultural menurut M. Amin Abdullah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
03110241.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (919kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Secara umum pendidikan Agama Islam merupakan mata pelajaran yang dikembangkan dari ajaran-ajaran dasar yang terdapat dalam agama Islam. Ajaran- ajaran tersebut terdapat dalam al-qur’an dan al-hadits untuk kepentingan pendidikan, dengan melalui proses ijtihad para ulama mengembangkan materi pendidikan agama Islam pada tingkat yang lebih rinci. Mata pelajaran pendidikan agama Islam tidak hanya mengantarkan peserta didik untuk menguasai berbagai ajaran Islam. Tetapi yang terpenting adalah bagaimana peserta didik dapat mengamalkan ajaran-ajaran itu dalam kehidupan sehari-hari.
Pendidikan Islam multikultural adalah salah satu model pembelajaran pendidikan agama Islam yang dikaitkan pada keragaman yang ada, entah itu keragaman agama, etnis, bahasa dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan karena banyak kita jumpai di sekolah-sekolah umum (bukan bercirikan Islam) di dalam satu kelas saja terdiri dari berbagai siswa yang sangat beragam sekali, ada yang berbeda agama, etnis, bahasa, suku, dan lain sebagainya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana corak pemikiran M Amin Abdullah dalam mengkaji kembali pendidikan Islam multikultural di dalam bukunya yang menjadi sumber primer. Penelitian ini juga dilakukan bermaksud untuk mengetahui lebih jauh bagai mana pendidikan Islam Multikultural, dalam pandangan M Amin Abdullah serta penting tidaknya pendidikan Islam Multikultural di terapkan.
Pengumpulan data dilakukan melalui metode dokumentasi. Dimana buku yang ditentukan sebagai sumber data primer dan data sekunder dikumpulkan dan dipilih sesuai dengan tema yang diteliti. Adapun data primernya adalah karya M amin Abdullah yang berhubungan dengan Pendidikan Islam multikultural dan data sekundenya adalah karya-karya yang serupa yang mempunyai tema yang sama yakni membahas tentang pendidikan Islam multikultural. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknis analisis deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasikan data yang telah didapat sehingga menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan apa yang dituju oleh peneliti.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pendidikan Islam multikultural sangat penting untuk diterapkan, hal ini untuk mengantisipasi realitas kemajemukan yang ada dalam masyarakat. Dimana pendidikan Islam mjultikultural untuk bisa membantu mewujudkan perdamaian atau toleransi di tengah-tengah kemajemukan masyarakat itu sendiri.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Hady, M. Samsul | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Pendidikan Islam; Multikultural | ||||||
Departement: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Zulaikha Zulaikha | ||||||
Date Deposited: | 15 Aug 2016 14:17 | ||||||
Last Modified: | 19 May 2023 09:19 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4458 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |