Hanif, Moch (2008) Pengaruh Celebrity Endorser terhadap minat beli konsumen pada Sepeda Motor Jenis Jupiter MX: Studi pada MX Owner Club MOC Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Text (Fulltext)
03220102.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (927kB) |
Abstract
ABSTRAK
Salah satu strategi pemasaran yang memerlukan pengetahuan mengenai perilaku konsumen adalah iklan, karena objek dari iklan adalah konsumen. Banyak unsur dalam iklan yang menjadi perhatian pemasar saat merancang suatu iklan, diantaranya adalah penggunaan bintang iklan. Perusahaan yang melakukan promosi melalui iklan harus memilih bintang iklan yang tepat dan dianggap dapat mewakili citra produk yang diinginkan perusahaan. Pemilihan bintang iklan ini juga harus disesuaikan dengan karakter dari produk yang diiklankan karena pada kenyataannya penggunaan endorser tidak selalu berhasil karena tidak sesuai dengan citra produk yang diiklankan.
Landasan teori yang digunakan untuk mengidentifikasi karekteristik yang harus dimiliki oleh bintang iklan agar iklan efektif menggunakan teori yang dikemukakan oleh Shimp (2003), tentang konsep TEARS untuk mengukur efektivitas sebuah iklan yang menggunakan selebrities sebagai bintang iklan, antara lain Trustworthiness (kepercayaan), Expertise (keahlian), Attractiveness (keattraktifan), Respect (penghormatan/Penghargaan), dan Similarity (kesamaan). Dengan demikian penelitian ini berusaha untuk menguji dan mengkaji lebih mendalam tentang efektifitas bintang iklan menggunakan selebritis sebagaimana konsep tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh celebrity endorser terhadap minat beli serta karakteristik apa dari kelima tipe bintang iklan tersebut yang paling berpengaruh terhadap minat beli. Pengumpulan data menggunakan metode penyebaran kuesioner. Dari 80 responden anggota MX Owner Club (MOC) Malang maka dapat diperoleh hasil temuan bahwa tipe bintang iklan celebrities dengan karakteristik attractiveness paling berpengaruh terhadap minat beli konsumen. Artinya iklan yang lebih mengedepankan sisi keatraktifan bintang iklanlah yang lebih disukai oleh konsumen sebagaimana hasil temuan dalam penelitian ini.
ABSTRACT
One of the marketing strategies that need knowledge about the consumer behavior is an advertisement. Due to the object of an advertisement is consumer. Many elements in an advertisement become marketer attentions in planning an advertisement. The company that promotes trough an advertisement must have an advertisement star that appropriate and represent the image of product that is intended by the company. The selection of an advertisement star also must agree with the character of product that will be advertised because actually the usage of endorser is not always effective due to inappropriate with the image of product published.
The basic theory that is used to identify the characteristic that must be owned by advertisement star in order an advertisement running well is the theory that is published by Shimp (2003). It this the TEARS concept that is used to measure the activity of an advertisement which uses a celebrity as an advertisement star, such as trustworthiness, Expertise, Attractiveness, Respect and Similarity. Finally, this research attempts to examine and investigate overview about the activities of an advertisement star using celebrity as in the concept.
The purpose of this research are to analyze the influence of celebrity endorser toward the interest of purchase, and what are the five characteristics of an advertisement star that mostly effect toward the interest of purchase. The method that is used in obtaining data collections is spreading questionnaire. From the 80 respondents of MX Owner Club (MOC) members in Malang, the researcher found that the type of an advertisement star with the attractiveness character is mostly influence with the consumer interest of purchase. This means that an advertisement which focuses on the attractiveness of an advertisement star becomes the consumer favorite as the result of this research.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Asnawi, Nur | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Celebrity; Endorser; TEARS; dan minat; celebrity; endorser; TEARS; and interest | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Koko Prasetyo | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 14:45 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 14:45 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44569 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |