Islamiyah, Azizatul (2010) Analisis manajemen Kredit untuk menurunkan terjadinya Kredit bermasalah: Studi pada PT. BPR Gunung Ringgit Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
|
Text (Fulltext)
06610034.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Bank merupakan sebagai perantara antara masyarakat kelebihan dana dengan masyarakat kekurangan dana, maka usaha pokok yang dilaksanakan bank adalah kegiatan-kegiatan pada sektor perkreditan, atau penyaluran dana. Namun dalam usaha Penyaluran dana tidak terlepas dengan risiko kegagalan atau kemacetan pelunasannya,yang mana nasabah tidak mampu lagi untuk melunasi kreditnya. Begitu pula pada PT. BPR Gunung Ringgit tidak lepas dengan kredit bermasalah, untuk menghindari hal tersebut maka diperlukan manajemen kredit yang efektif sehingga bank mampu untuk menurunkan kredit bermasalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kredit yang diterapkan PT. BPR Gunung Ringgit untuk menurunkan terjadinya kredit bermasalah dan Untuk mengetahui faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kredit bermasalah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif . data yang dikumpulkan merupakan data primer dan sekunder dengan teknik wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil analisis ini diperoleh bahwa manajemen kredit yang diterapkan PT.BPR Gunung Ringgit sudah mampu dan efektif untuk mengelola kredit dan menurunkan kredit bermasalah dengan menggunakan analisis 5C dan rekomendasi selain itu, dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan. Faktor penyebab kredit bermasalah adalah nasabah yang tidak memiliki I’tikad yang baik, PT.BPR Gunung Ringgit melakukan langkah-langkah untuk menurunkan kredit bermasalah dengan cara melakukan Peringatan tertulis pada nasabah 1-3x, Mendatangi debitur bersama tim-tim, Debitur akan dibawa ke hukum cukup efektif. Dan Dilihat dari kolektibility tahun 2007-2009 kredit bermasalah tiap tahunnya mengalami penurunan dari tahun 2007 sebesar 15,8% , tahun 2008 menurun sebesar 15,2% sampai tahun 2009 menurun 12,6%.
ABSTRACT
Bank is as an intermediary institution between people with lots of funds and short of funds. Then the main business of bank is mainly about activities within credit sector of distribution of such funding. However this main business cannot be separated with the risk of failure by which customers cannot afford anymore to pay off the credit. PT. BPR Gunung Ringgit cannot also be separated with such credit problem. To avoid this problem an effective credit management is needed so that the banks can reduce a number of credit problems. The aims of this study is to examine on the implemented credit management to investigate PT. BPR Gunung Ringgit in reducing credit problem and to investigate implemented by which factors lead to credit problem.
The method used in this research is qualitative research with a descriptive approach. Collected data is a primary and secondary data by employing interview techniques and documentation.
The results shows that the credit management implemented at PT.BPR Gunung Ringgit effective to manage credit and reduce credit problems by using 5C analysis and recommendations. In addition, the planning, organizing, actuating, and controlling. Strategy were also used to sort out the problems this study also indicater that factors leading to customer's credit problem are that the customers donnot commitment to pay off the credit. As a result PT.BPR Gunung Ringgit takes some steps to reduce bad debts by carrying out a written warning to the customer one to thee times, going to the debtor with the teams, effectively and finally the company brings the Debtor on the law. Of overall, viewed from 2007 to 2009 colectibility, credit problem decrease annually from 2007 of is 15.8%,
2008 of 15.2% and 2009 of 12.6% .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Supervisor: | Usri, Abdul Kadir | ||||||
Contributors: |
|
||||||
Keywords: | Manajemen Kredit; Kredit Bermasalah; Credit Management; Credit Problems | ||||||
Departement: | Fakultas Ekonomi > Jurusan Manajemen | ||||||
Depositing User: | Meirisa Anggraeni | ||||||
Date Deposited: | 18 Jan 2023 14:44 | ||||||
Last Modified: | 18 Jan 2023 14:44 | ||||||
URI: | http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/44556 |
Downloads
Downloads per month over past year
Actions (login required)
View Item |